Jumat, 3 Mei 2024

Pasca-Kebakaran Hutan, Jalur Pendakian Penanggungan Dibuka Lagi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi Gunung Penanggungan. Foto : Istimewa

Jalur pendakian menuju Puncak Pawitra Gunung Penanggungan kembali dibuka. Jalur ini sempat ditutup akibat kebakaran hutan di lereng Gunung Penanggungan, Senin (24/8/2020).

“Hari ini semua jalur pendakian kembali kami buka,” ungkap Khoirul Anam Sekretaris LMDH Sumber Lestari Gunung Penanggungan Jalur Tamiajeng dikutip Fuad Reporter Maja FM, Selasa (25/8/2020).

Kembali dibukanya jalur pendakian menuju Puncak Pawitra ini setelah Perhutani memberi izin dengan catatan yang lebih spesifik. Salah satunya, LMDH sudah memastikan kondisi gunung aman dari api.

Kebakaran Sabana di lereng Gunung Penanggungan via jalur Kedungudi, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto terjadi Senin (24/8/2020) kemarin.

“Yang utama, kami sudah memastikan tidak ada api pasca kebakaran kemarin. Kemarin, kan, yang terbakar kebanyakan rerumputan. Kami pastikan tidak ada bara api yang mengendap sehingga kita anggap aman,” ujarnya.

Selain itu, Perhutani juga mensyaratkan pembekalan lebih ketat kepada setiap pendaki mengenai protokol kesehatan serta petugas harus meningkatkan kesiagaan selama 24 jam di setiap pos pendakian.

Di tengah cuaca ekstrim seperti angin kencang, saat ini, LMDH menyarankan calon pendaki untuk menjadwalkan ulang pendakian di lain waktu.

“Jika tetap berangkat hari ini pastikan bawa sleeping bag dan air sedapat mungkin dilebihi dari standar 3 liter per pendaki, karena cuaca angin kering menyebabkan lebih cepat haus,” katanya.(den)

Bagikan
Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs