Sabtu, 27 April 2024

Pasien COVID-19 yang Meninggal di RS Mitra Keluarga Waru Dimakamkan di Sidoarjo

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Nur Ahmad Syaifuddin Plt Bupati Sidoarjo (kanan) bersama dokter Atok yang ikut prosesi pemakaman pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia Rabu (25/3/2020) dan akhirnya dimakamkan Kamis (26/3/2020) dinihari. Foto: capture video laman Facebook Nur Ahmad Syaifuddin

Jenazah pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia di Rumah Sakit Mitra Keluarga Waru, Sidoarjo pada Rabu malam (25/3/2020), akhirnya dimakamkan di Sidoarjo, Kamis (26/3/2020) sekitar pukul 04.00 WIB.

Nur Ahmad Syaifuddin Plt Bupati Sidoarjo yang ikut dalam proses pemakaman ini mengatakan, pasien meninggal Rabu (25/3/2020) sekitar pukul 19.00 WIB. Berdasarkan  Standar Operasional Prosedur (SOP) dari rumah sakit, jenazah sebenarnya harus segera dimakamkan tidak lebih dari 4 jam setelah meninggal. Namun pemakaman akhirnya agak molor.

Kata Nur Ahmad, butuh waktu untuk meyakinkan para pengantar jenazah dan penggali kubur, agar tidak khawatir dalam menangani jenazah positif corona.

Ia menjelaskan, jenazah yang positif COVID-19 sudah ditangani rumah sakit berdasarkan SOP, sehingga masyarakat tidak perlu takut tertular asalkan sesuai standar keamanan penanganan jenazah COVID-19.

“Saya beritahukan, ini SOP sudah benar, jenazah sudah dibungkus berlapis-lapis dengan plastik,” ujarnya.

“Banyak pemahaman-pemahaman di masyarakat yang over, itu yang kadang-kadang membuat kepanikan yang seharusnya tidak perlu,” kata Nur Ahmad kepada Radio Suara Surabaya, Kamis pagi.

Jenazah yang tinggal di wilayah Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo ini  akhirnya dimakamkan di Pemakaman Umum Delta Praloyo, Kabupaten Sidoarjo.

Dari video yang diunggah Nur Ahmad di laman facebooknya, terlihat lima orang yang ikut langsung dalam pemakaman, antara lain 3 penggali kubur, dr. Atok sebagai tenaga medis dan Nur Ahmad sendiri. Mereka berlima menguburkan jenazah dengan memakai Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.(tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs