Jumat, 26 April 2024

Pasmar 2 dan Pemkab Sidoarjo Resmikan Ruang Isolasi Covid-19

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Plt. Bupati Sidoarjo, Danpasmar2 dan Kapolresta Sidoarjo meninjau fasilitas ruang isolasi. Foto: Dispen Kormar

Pemkab Sidoarjo bersama Pasmar 2 resmikan fasilitas ruang isolasi Covid-19 di gedung Mall Pelayanan Publik (MPP) Sidoarjo, Kamis (11/6/2020).

Meningkatkan layanan masyarakat terkait pandemi Covid-19, Pemda Sidoarjo bersama Pasmar 2 siapkan fasilitas ruang isolasi bagi orang tanpa gejala (OTG) Covid-19, di Gedung Mall Pelayanan Publik (MPP), Sidoarjo.

Pada peresmian penggunaanya Nur Ahmad Syaifuddin, SH., Plt. Bupati Sidoarjo menyampaikan bahwa hasil rapat bersama diputuskan bahwa gedung MPP dipergunakan sebagai ruang isolasi untuk orang tanpa gejala (OTG) Covid-19.

“Itu dilakukan sebagai upaya dalam rangka melindungi kepentingan masyarakat, dan Alhamdulillah dengan waktu yang cepat, luar biasa dalam waktu 1 minggu sudah bisa digunakan berkat kerjasama Pasmar 2, pihak Kodim 0816/Sidoarjo, Polresta Sidoarjo, Kejaksaan mendukung kegiatan ini,” ujar Nur Ahmad Syaifuddin, SH., Plt. Bupati Sidoarjo.

Dilihat dari angka orang yang sudah konfirmasi positif, di Kabupaten Sidoarjo dari hari ke hari semakin bertambah, sehingga memerlukan ruang isolasi yang terkoordinir dengan baik, karena ditengarai orang tanpa gejala tidak bisa melaksanakan isolasi mandiri dengan baik, sehingga pemerintah Sidoarjo memutuskan untuk menyiapkan fasilitas ruang isolasi ini.

Fasilitas ruang isolasi berjumlah 129 kamar, untuk pengerjaanya dimulai hari Jumat (5/6/2020) yang lalu, dikerjakan oleh 30 prajurit Pasmar 2 dengan pekerjaan meliputi pengukuran dan pemotongan besi, penyusunan kerangka, pengelasan kerangka bilik, pengecatan, penyiapan awal pemasangan instalasi listrik dan perlengkapan kamar mandi dan fasilitas lainnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M., mengatakan bahwa, kegiatan peresmian fasilitas isolasi Covid-19, Kamis (11/6/2020) ini merupakan kegiatan yang patut diapresiasi dalam rangka mempercepat penanggulangan wabah Covid-19. Prajurit Pasmar 2 akan ikut berperan aktif, baik dalam proses penyiapan fasilitas, maupun pada saat operasional nantinya.

Penyiapan gedung isolasi ini melibatkan peran aktif prajurit Pasmar 2, dimulai dari dukungan konstruksi yg dikerjakan oleh personel Yonzeni 2 Mar utk membuat ruangan pasien dengan berkoordinasi tenaga penanganan medis dari Yonkes 2 Mar tentang manajemen gedung isolasi dan unsur pengamanan dari Kolak Pasmar 2. (tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs