Senin, 26 September 2022

Pegawai Kemenag Kabupaten Blitar Dinyatakan PDP Covid-19

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi. Coronavirus Disease (Covid-19). Grafis: Didik suarasurabaya.net

Seorang pegawai Kemenag Kabupaten Blitar masuk dalam daftar Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan sedang diisolasi di RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar. Hal itu dibenarkan Isna Humas Kanwil Kemenag Jatim saat dikonfirmasi suarasurabaya.net, Jumat (27/3/2020).

Pegawai tersebut dinyatakan PDP, setelah mengikuti pelatihan Calon Petugas Haji 2020, pada 9-18 Maret kemarin di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya. Pada saat itu, dia berada satu rombongan dengan seorang dokter yang sudah PDP. Sepulangnya dari pelatihan itu, dia mengeluh demam dan sesak nafas.

“Iya betul (pegawai Kemenag Kabupaten Blitar dinyatakan PDP, red). Usai mengikuti pelatihan calon haji,” kata Isna.

Isna mengungkapkan, pelatihan yang digelar selama 10 hari itu diikuti sekitar 415 peserta, terdiri dari 166 orang dari Kemenag (TPHI/TPHI) dan 249 orang dari Kementerian Kesehatan. Menanggapi salah satu pegawainya yang dinyatakan PDP, kata dia, Bidang Penyelenggaraan Haji & Umrah Kanwil Kemenag Jatim sudah berkoordinasi dengan Dinkes Jatim.

“Kami koordinasi dengan Dinas Kesehatan Jatim, memberikan data peserta-peserta yang PDP, terkait dengan tempat/kamar yang bersangkutan, teman yang sekamar, kelas yang bersangkutan, teman sekelas, ruang kelas yang digunakan,” kata dia.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan UPT Asrama Haji untuk dilakukan penyemprotan disinfektan pada kamar dan kelas yang sempat digunakan selama pelatihan kemarin.

Sementara itu Ahmad Zayadi Kakanwil Kemenag Jatim menanggapi pegawainya dinyatakan PDP, mengatakan pihaknya akan melaksanakan protokol kesehatan dengan baik untuk memutus mata rantai Covid-19.

“Sebagaimana yang telah kami sampaikan sebelumnya, mari kita laksanakan protokol kesehatan dengan baik, untuk memutus mata rantai covid-19. Perilaku hidup bersih dan sehat harus terus kita tingkatkan agar kita memiliki imunitas yang lebih baik lagi, social and physical distancing kita terapkan dengan baik. Mari kita berikhtiar maksimal dan berdoa meminta pertolongan Allah SWT untuk bisa memproteksi Covid-19,” ujarnya. (ang/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Senin, 26 September 2022
25o
Kurs