Jumat, 29 Maret 2024

Pekerja Asal Indonesia di Taiwan Positif Terpapar Virus Corona

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Antara

Seorang pekerja migran asal Indonesia di Taiwan dinyatakan positif terpapar virus corona jenis baru atau COVID-19.

“Betul ada PMI (pekerja migran Indonesia) kita. Sekarang sudah dalam pengawasan karantina Taiwan,” kata Didi Sumedi Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei, dilansir Antara, Kamis (27/2/2020).

KDEI pun mengeluarkan imbauan kepada warga negara Indonesia di Taiwan agar segera memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat apabila mengalami gangguan pernapasan, batuk, demam, dan sesak napas.

“Segera melapor atau mengajak sesama WNI yang diduga mengalami gejala-gejala tersebut,” kata Didi.

KDEI juga telah meminta WNI di Taiwan tidak melakukan aktivitas kegiatan yang dihadiri lebih dari 10 orang.

Paguyuban WNI atau organisasi keagamaan yang beranggotakan WNI juga diimbau tidak mengadakan kegiatan massal untuk sementara waktu.

“Kurangi frekuensi bepergian ke tempat umum dan jauhi pusat keramaian,” ujarnya.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Taiwan (MHW) merilis rekam jejak seorang pekerja asal Indonesia berinisial TL pada 16-19 Februari 2020.

Rekam jejak tersebut meliputi perjalanan yang dilakukan oleh si penderita pada periode tersebut dengan menggunakan taksi, bus kota, dan kereta metro lengkap dengan jam dan nomor polisi kendaraan dan nomor perjalanan.

Pekerja migran asal Indonesia tersebut merupakan orang yang ke-32 di Taiwan yang divonis positif COVID-19. Dari 32 kasus, satu di antaranya meninggal dunia.

Jumlah pekerja migran asal Indonesia diperkirakan mencapai angka 290.000 orang yang tersebar di berbagai kota dan kabupaten di Taiwan. (ant/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs