Jumat, 19 April 2024

Pemerintah Klaim Tingginya Penambahan Kasus Covid-19 Hari Ini Karena Sistem Data Belum Optimal

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Wiku Adisasmito Koordinator Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19. Foto: covid.go.id

Penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19, hari ini, Kamis (3/12/2020), tercatat 8.369 kasus. Jumlah itu merupakan yang tertinggi sejak wabah Covid-19 terdeteksi di Indonesia.

Penambahan tertinggi harian berasal dari Provinsi Papua (1.755 kasus) sehingga jumlah kumulatif sementara di sana 11.879 kasus.

Kemudian, kasus di Jawa Barat hari ini bertambah 1.648 kasus, dan kumulatifnya menjadi 55.807 kasus.

Wiku Adisasmito Koordinator Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan, tingginya penambahan kasus pada dua provinsi tersebut, berkaitan dengan upaya pemerintah meningkatkan interoperabilitas data Covid-19.

Sistem pendataan Covid-19 yang selama ini digunakan di Kementerian Kesehatan, sedang dioptimalisasikan untuk menyelaraskan data pusat dengan daerah.

Menurutnya, angka kasus yang meningkat signifikan itu salah satu penyebabnya adalah sistem yang belum optimal.

“Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, pada hari ini terdapat penambahan kasus yang sangat signifikan, yaitu sebesar 8.369 kasus. Angka yang sangat tinggi itu salah satunya disebabkan karena sistem yang belum optimal,” ujarnya di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (3/12/2020).

Wiku menjelaskan, sebelumnya ada perbedaan data di beberapa provinsi seperti Papua yang hari ini melaporkan kasus positif sebanyak 1.755 kasus.

Jumlah itu, kata Wiku, merupakan akumulasi penambahan kasus positif dari tanggal 19 November sampai 3 Desember 2020.

Lebih lanjut, Juru Bicara Satgas Covid-19 mengimbau pemerintah daerah yang masih ada perbedaan data, untuk segera melakukan konsolidasi data langsung dengan pemerintah pusat.

“Kepada Pemerintah daerah yang masih memiliki perbedaan data, kami imbau untuk melakukan konsolidasi data secara langsung dengan pemerintah pusat sesegera mungkin,” pungkasnya.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs