Jumat, 26 April 2024

Pemerintah RI Hormati Kebijakan Arab Saudi Hentikan Sementara Umrah

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden. Foto: dok./Farid suarasurabaya.net

Pemerintah Republik Indonesia menghormati keputusan Pemerintah Arab Saudi menangguhkan visa seluruh jemaah umrah, sehubungan mewabahnya Virus Corona (Covid-19).

Joko Widodo Presiden memahami kebijakan Arab Saudi yang mulai berlaku hari ini, Kamis (27/2/2020). Menurutnya, kesehatan dan keselamatan warga memang harus menjadi prioritas.

“Itu kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi. Kita menghargai dan menghormati karena apa pun yang namanya kesehatan itu memang harus dinomorsatukan. Bukan cuma jemaah umrah asal Indonesia yang dilarang masuk, tapi semua negara. Mereka ingin memproteksi, melindungi, warga negaranya dari Virus Corona. Kita sangat menghargai itu,” ujarnya di The Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Sekadar informasi, Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara masuknya warga negara asing untuk melaksanakan ibadah umrah, sebagai upaya mencegah penyebaran Virus Corona.

Dalam keterangan resmi Kementerian Luar Negeri Arab Saudi melalui Twitter, Kamis (27/2/2020) dini hari, otoritas Saudi juga menunda izin masuk turis asal negara-negara yang terkena wabah Virus Corona.

Selain itu, warga pemegang KTP Saudi mau pun warga negara Gulf Cooperation Council juga dilarang bepergian keluar Saudi.(rid/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs