Rabu, 7 Desember 2022

Pemkot Surabaya Pastikan Alun-Alun Bawah Tanah Akhir November Rampung

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya saat meninjau proyek alun alun bawah tanah beberapa bulan lalu. Foto: Istimewa.

Pemkot Surabaya mengaku optimistis bisa merampungkan pengerjaan proyek alun-alun bawah tanah di akhir November ini. Proyek multi years di komplek Balai Pemuda itu sudah masuk tahap finishing.

“Perkiraan akhir November ini sudah klir semua,” kata Iman Krestian Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Surabaya, Selasa (17/11/2020).

Proyek tersebut sebenarnya terbilang molor dari rencana sebelumnya yang akan diresmikan tepat peringatan Hari Pahlawan, 10 November.

Penyebabnya, disebut lantaran adanya gelombang aksi di Surabaya beberapa waktu lalu. Sehingga pengerjaan proyek tersebut sempat tertunda selama beberapa hari.

Untuk mengejar target akhir November itu, Pemkot mengebut pengerjaan. Percepatan pengerjaan dilakukan secara paralel.

Menurut Iman, untuk saat ini pengerjaan yang tengah dilakukan diantaranya pembangunan skate park, detail desain interior serta penyelesaian untuk area pedestrian dan akses masuk ke bawah tanah.

“Yang agak major pemasangan travelator sama lift, lagi dikerjakan sekarang sama penutupan selubung kaca,” terang Iman.

Area bawah tanah itu, sebagaimana konsep, bakal menjadi semacam tempat pameran dan pertunjukan. Meski akhir November kelar, belum bisa dipastikan kapan akan diresmikan dan beroperasional.

Menurut Iman, Pemkot sedang membicarakan terkait mekanisme dan skema yang pas. Hal itu dibahas dan dibicarakan bersama dengan Satgas Penanganan Covid-19. Pertimbangannya lantaran wabah belum sepenuhnya reda.

“Masih kita konsepkan bersama,” sambung Iman. (bid/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Rabu, 7 Desember 2022
25o
Kurs