Kamis, 25 April 2024

Pemprov Jatim Sumbang 581 Kantong Darah ke PMI

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim menyerahkan langsung ratusan kantong darah tersebut ke PMI, Rabu (22/4/2020). Foto: Istimewa

Para pegawai, ASN, dan pejabat di lingkungan Pemprov Jatim melakukan donor darah, Rabu (22/4/2020). Dari kegiatan yang sudah berlangsung selama 12 hari itu, total terkumpul 581 kantong darah yang kemudian diserahkan ke PMI Jatim.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim menyerahkan langsung ratusan kantong darah tersebut ke PMI. Adapun kegiatan donor itu untuk mencukupi kebutuhan darah di PMI, terutama di tengah pandemi Covid-19 dan menjelang bulan suci Ramadan serta lebaran. Karena selama itu, jumlah pendonor darah cenderung menurun signifikan.

“Alhamdulillah kita tadi sudah melakukan serah terima secara simbolik ke PMI Jawa Timur hasil dari gerakan donor darah yang dilakukan keluarga besar Pemprov Jatim. Selama 12 hari ini, terkumpul sebanyak 581 pack yang kami harapkan akan bisa membantu penyediaan stok darah di PMI Jawa Timur,” kata Khofifah, berdasarkan rilis yang diterima suarasurabaya.net, Kamis (23/4/2020).

“Rencananya kita akan lanjutkan kegiatan donor darah semacam ini tiga bulan sekali sehingga masing-masing pendonor bisa secara kontinyu melakukan donor darah,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, inisiasi gerakan donor darah di lingkungan Pemprov Jatim dilakukan pasca Khofifah bersilaturahmi ke Kantor PMI Jawa Timur pada Sabtu (4/4/2020). Di mana PMI menyampaikan adanya penurunan pendonor darah hingga 60 persen selama pandemi Covid-19 di Jatim.

Hal tersebut otomatis juga menjadi kendala bagi PMI untuk mencukupi kebutuhan darah di rumah sakit-rumah sakit yang ada di Jatim.

Terlebih saat memasuki bulan puasa Ramadan, seperti tahun-tahun sebelumnya disampaikan PMI bahwa selalu ada penurunan pendonor. Oleh sebab itu, Khofifah menggerakkan para pegawai di lingkungan Pemprov Jatim untuk bersama-sama melakukan aksi donor darah guna membantu stok darah di PMI. (ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs