Sabtu, 4 Februari 2023

Pemprov Jatim Tunggu Surat Pengunduran Diri Risma

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya. Foto: Humas Pemkot Surabaya

Pemprov Jatim menunggu surat pengunduran diri Tri Rismaharini sebagai Wali Kota Surabaya setelah Joko Widodo Presiden menunjuknya sebagai Calon Menteri Sosial di Kabinet Indonesia Maju, Selasa (22/12/2020).

Jempin Marbun Kabiro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Jatim bilang, surat pengunduran diri Risma itu akan jadi dasar penetapan Whisnu Sakti Buana sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Surabaya.

“Sekarang kami masih menunggu surat pengunduran diri itu. Baru nanti Bu Gubernur akan menujuk Plt,” kata Jempin dihubungi melalui telepon hari ini.

Setelah menunjuk Whisnu Sakti Buana sebagai Plt Wali Kota Surabaya, Pemprov Jatim akan menunggu proses pemberhentian yang akan dibahas dalam rapat paripurna DPRD Kota Surabaya.

“Keputusan (pemberhentian) itu nanti akan diajukan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Ibu Gubernur untuk pemberhentian Bu Risma. Baru secara formal ada pelantikan Wali Kota Defintif,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya termasuk satu dari enam orang Calon Menteri baru di Kabinet Indonesia Maju. Jokowi Presiden mengumumkannya hari ini di Istana Negara.

Jokowi sudah memutuskan untuk menugaskan Risma sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari P Batubara yang tersangkut dugaan kasus korupsi dana bantuan sosial Covid-19 dan telah menjadi tersangka KPK.

Tak hanya Risma, Jokowi juga mengumumkan lima nama calon menteri lainnya. Antara lain Sandiaga Uno yang akan menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) menggantikan Wishnutama Kusubandio.

Lalu ada Wahyu Sakti Trenggono menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang tertangkap tangan KPK atas dugaan kasus suap izin ekspor benih lobster.

Selain itu ada Yaqut Cholil Qoumas akan menjabat sebagai Menteri Agama. Mantan Bupati Rembang itu akan menggantikan Fachrul Razi Menag sebelumnya.

Selain itu ada Budi Gunadi Sadikin yang menjadi Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto. Lalu ada Muhammad Lutfi yang akan menjabat Menteri Pedagangan menggantikan Agus Supramanto.

Sekadar diketahui, Jokowi Presiden dalam pengumuman nama menteri baru itu juga menyebutkan, pelantikan enam menteri itu akan digelar Rabu (23/12/2020) besok.(den)

Berita Terkait