Rabu, 3 Maret 2021

Penguatan Keluarga Penting untuk Hindarkan Kekerasan Pada Anak

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Memasak bersama keluarga dapat menjadi salah satu kegiatan yang menciptakan quality time. Foto: Istimewa.

Angka kekerasan pada anak yang meningkat di masa pandemi Covid-19 ini menjadi keprihatinan tersendiri. Menurut Isa Anshori Sekretaris Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Provinsi Jawa Timur penguatan keluarga menjadi sangat penting dilaksanakan.

“Kalau keluarga memiliki kehangatan hubungan, kedamaian atau hal-hal positif yang seharusnya ada dalam keluarga, sepertinya kekerasan pada anak dapat terhindarkan. Bukankah hal-hal itu yang dibutuhkan anak?” terang Isa, Jumat (20/11/2020).

Penguatan keluarga dengan berbagai bentuknya, termasuk di antaranya kesiapan orang tua dalam mendampingi anak dalam proses belajar jarak jauh sangat dibutuhkan, demi memberikan dukungan serta kenyamanan anak melewati masa pandemi dalam hubungannya dengan proses belajar.

Kemampuan orang tua memahami dan mengerti tentang proses belajar yang memang baru tersebut menurut Isa juga memudahkan anak-anak untuk memahami pembelajaran di sekolah di masa pandemi ini.

Gegeran antara anak dan orang tua saat belajar menjadi sesuatu yang dengan mudah terjadi. Tetapi jika orang tua punya pemahaman terkait proses belajar jarak jauh itu sendiri, rasanya anak-anak juga nyaman. Ujungnya kekerasan bisa dihindarkan,” tambah Isa.

Langkah konkret pemerintah termasuk pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai provinsi layak anak sebaiknya, kata Isa dalam upaya kegiatan atau langkah-langkah untuk penguatan keluarga segera dijalankan.

“Tidak perlu menunggu korban berjatuhan untuk mengambil tindakan dalam konteks penguatan keluarga. Di peringatan Hari Anak Sedunia tahun ini, Mudah-mudahan langkah nyata untuk penguatan keluarga bisa dilaksanakan segera,” pungkas Isa Anshori. (tok/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Atap Ambruk di Rangkah

Berlubang dan Berkubang

Kebakaran Rumah di Wonosari Surabaya

Truk Tabrak Warung di Sidoarjo

Surabaya
Rabu, 3 Maret 2021
25o
Kurs