Selasa, 11 Mei 2021

Ahli Gizi Ingatkan Pentingnya Sarapan untuk Anak Sekolah Daring

Laporan oleh Anton Kusnanto
Bagikan
Narasumber acara Selalu Siap Belajar dari Rumah Bersama KOKO KRUNCH Nutrismarta. Foto: Istimewa

Selama pandemi, anak-anak melakukan pembelajaran jarak jauh, yang rata-rata bisa menghabiskan sampai 5 jam belajar secara daring, karenanya mereka perlu selalu fokus dan berkonsentrasi agar tetap dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Lamanya penggunaan teknologi termasuk untuk sekolah daring ini dapat menyebabkan pola makan yang tidak teratur.

Dalam kasus ini orang tua perlu membantu anak-anak agar fokus pada pembelajaran daring mereka setiap hari, dengan menyediakan asupan gizi seimbang dan teratur yang dimulai dengan sarapan.

Padahal, kata Dr. Rita Ramayulis DCN, M. Kes. ahli gizi, sarapan dengan kandungan gizi seimbang berperan penting dalam membantu mengoptimalkan fungsi organ dan jaringan tubuh anak. Lebih detil dia menerangkan, salah satu sumber gizi yang penting dikonsumsi saat sarapan adalah yang mengandung lebih banyak serat, vitamin B, karbohidrat dan protein.

Adapun bahan makanan yang memenuhi kriteria tersebut, ujar Dokter Rita antara lain serealia atau biji-bijian utuh yang masih memiliki tiga lapisan secara keseluruhan yaitu kulit, endosperma, dan inti. “Contohnya adalah makanan yang mengandung gandum utuh sebagai bahannya.” ujarnya.

Vitamin B pada serelia yang masih utuh, seperti biji gandum, bisa membantu proses metabolisme energi, terang Dokter Rita. “Sedangkan zat besi yang terkandung dalam serelia utuh merupakan komponen hemoglobin yang membawa oksigen dan zat gizi ke seluruh tubuh termasuk otak,” ujarnya dalam acara Selalu Siap Belajar dari Rumah Bersama Koko Krunch Nutrismarta, Rabu (18/11/2020).

Turut pula berbagi pengalaman, selebritis yang juga seorang ibu, Donna Agnesia berbagi cerita dan keluh kesah yang juga dialami banyak orangtua yang bekerja dari rumah, yang harus tetap mendampingi anak belajar di rumah. “Kadang tidak mudah untuk menyiapkan asupan zat gizi yang seimbang terutama saat sarapan,” ujar Dona.

Senada dengan Dokter Rita, Alaa Shaaban dari Nestle Indonesia menyatakan komitmen perusahaannya dalam membantu anak-anak menjalani kebiasaan hidup yang lebih sehat dengan menghadirkan makanan siap saji yang mengandung gandum utuh untuk sarapan praktis namun tetap mengandung gizi seimbang. Dia mencontohkan Koko Krunch Nutrismarta dengan kandungan gandum utuh yang diharapkan dapat mendukung anak bersemangat dan siap belajar dari rumah. (ton/dfn/ipg)

Berita Terkait

Sarapan Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Telat Sarapan Dapat Memicu Obesitas

Jus Jeruk Kurang Baik untuk Sarapan


Potret NetterSelengkapnya

Wadungasri Macet

Kecelakaan di Gunungsari

Kecelakaan di Manyar Gresik

Truk Terguling, Solar Menggenangi Jalan

Surabaya
Selasa, 11 Mei 2021
28o
Kurs