Senin, 1 Maret 2021

Penjelasan Kadinkes Soal Vaksinasi Covid-19 di Surabaya

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Febria Rachmanita Kepala Dinkes Surabaya. Foto: Dok/Istimewa.

Pelaksana vaksinasi Covid-19 di Surabaya akan dilakukan oleh 42 rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, dan 63 puskesmas di Surabaya. Hal itu disampaikan Febria Rachmanita Kepala Dinkes Kota Surabaya, saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Selasa (15/12/2020) siang.

Adapun sasaran vaksin tersebut adalah kelompok yang dinilai rentan mulai dari usia 18-59 tahun. Pada tahap awal, vaksin akan diberikan untuk tenaga kesehatan dan petugas yang ada di fasilitas kesehatan Surabaya.

Kemudian dilanjutkan dengan kelompok yang dinilai memiliki kontak erat dengan pasien Covid-19, seperti Polri dan TNI.

“Kalau untuk kedatangan vaksin di Surabaya masih belum. Saat ini kita mendata rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS. Kalau pelaksana vaksinnya nanti dari puskesmas dan seluruh rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS dengan beberapa kriteria yang harus dipenuhi,” ujarnya.

Untuk masyarakat umum, kata dia, adalah penerima vaksin yang statusnya penerima bantuan iuran (PBI) yang dibiayai Pemerintah Kota Surabaya maupun APBN Pemerintah Pusat. Nantinya, mereka akan diberikan tiket untuk mendapatkan vaksin. Tiket tersebut berisi di faskes mana orang tersebut akan di vaksin.

“Kalau melihat sasaran yang kita data, di Surabaya ada 1.901.416 masyarakat umum yang akan mendapatkan vaksin. Kemudian sekitar 50 ribuan untuk tenaga kesehatan, TNI, dan Polri,” kata perempuan yang akrab disapa Fenny itu.

“Nanti yang membagikan tiket itu dari Satgas Vaksin. Satgas ini akan dibentuk atau ditetapkan sekitar akhir Desember nanti,” tambahnya.

Sementara untuk peserta vaksin mandiri, lanjut dia, akan diberi akses untuk entri pendaftaran. Selanjutnya, lokasi vaksinasi akan diatur oleh sistem.

“Semuanya sama, pakai vaksin Sinovac dan mengikuti aturan dari pemerintah,” kata dia.

Fenny menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan sarana prasarana untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini. Misalnya, penyediaan tempat untuk menyimpan vaksin yang akan ditempatkan di Gudang Farmasi di daerah Rungkut, Surabaya. (ang/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Rumah di Wonosari Surabaya

Truk Tabrak Warung di Sidoarjo

Truk Terguling di Prigen

Terguling dan Muatannya Tumpah

Surabaya
Senin, 1 Maret 2021
25o
Kurs