Jumat, 19 April 2024

Pentingnya Softskil Melengkapi Potensi Diri Hadapi Dunia Kerja

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Zoom mengupas perlunya kompetensi diri dan softskil hadapi dunia kerja. Foto: Humas Unusa

Webinar bersama Surya Edukasi Bangsa Foundation, yang digelar Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), Jumat (23/10/2020) mengupas pentingnya softskil memasuki dunia kerja yang kompetitif.

Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng., Rektor Unusa menyampaikan pentingnnya memaksimalkan potensi diri untuk dipandang baik oleh seseorang lainnya. Dimana pentingnnya softskill yang dibutuhkan untuk memaksimalkan potensi diri.

““Dengan begitu kita akan menjadi bintang tidak hanya di lain bidang tapi jadilah bintang di salah satunya, jadi tetaplah fokus dengan satu bidang, serta jangan pernah puas dengan hasil yang sudah diperoleh,” terang Jazidie.

Jazidie pada sambutannya itu menekankan untuk terus belajar terlebih bidang sains serta teknologi yang terus berkembang. “Dengan memunculkan potensi diri kita bisa bersaing dengan era yang baru, terlebih teknologi dan ilmu pengetahuan semakin lama akan semakin maju,” tambah Jazidie.

Ditambahkan Umdatus Soleha, S.ST., M.Kes., sebagai Direktur Akademik dan Kemahasiswaan Unusa tentang pentingnnya mengasah softskill yang ada dalam diri manusia pada umumnnya. Dimana didalam dunia perkerjaan yang dibutuhkan adalah softskill.

“Dimana Unusa sendiri mendukung untuk mengasah softskill dan hardskill yang seimbang, sehingga mahasiswa bisa memiliki keterampilan lainnya yang menjadi daya jual tersendiri dalam dunia perkerjaan,” terang Umdatus.

Pentingnnya mengembangkan softskill ini lantaran dalam dunia perkerjaan dibutuhkan kurang lebih 80 persen adalah softskill. “Perusahaan banyak yang tidak memerlukan bidang hardskill dengan kata lain saat ini kita terus mengasah untuk softskill,” ujar Umdatus.

Sementara itu, disampaikan Mohammad Mirdal Akib CEO Media Group, bahwa kemajuan teknologi saat ini, dapat dipastikan akan banyak bidang yang akan tergantikan dengan teknologi. Sehingga dengan tidak memunculkan potensi diri bidang softskill menjadikan mahasiswa akan kesulitan untuk mengembangkan diri mereka.

“Dengan kata lain pentingnnya softskill agar tidak tergantikan dengan teknologi yang semakin alam semakin canggih,” jelas Mirdal. Lebih jauh Mirdal menjelaskan banyaknya kampus yang lebih mengajarkan hardskill ketimbang softskill kondisi ini membuat banyak perusahaan yang kembali menyekolahkan untuk mengembangkan softskill pegawai baru.

Mirdal mengibaratkan belajar di dalam kampus seperti berenang di dalam kolam renang, sedangkan dunia kerja seperti berenang ditengah samudra yang kedalaman serta tekanan tidak bisa diketahui. “Dengan kata lain, dengan adanya softskill ini menjadikan seseorang bisa bertahan bagus diperusahaan lantaran sudah memiliki softskill,” tegas Mirdal.

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) gandeng Surya Edukasi Bangsa Foundation, helat webinar bertajuk Maksimalkan Potensi Diri Raih Masa Depan Cemerlang, Jumat (23/10/2020) pakai aplikasi Zoom dan Channel Youtube Media Academy Id.

Pada webinar ini, Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng., Rektor Unusa memberikan sambutan, dan dua narasumber lainnya, yaitu Mohammad Mirdal Akib CEO Media Group dan Umdatus Soleha, S.ST., M.Kes., Direktur Akademik dan Kemahasiswaan Unusa, bertindak sebagai pemateri.(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs