Selasa, 2 Juni 2020

Per April 2020, Jumlah Penderita DBD di Jatim Mencapai 3280 Orang

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net

Jumlah penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Jawa Timur per April 2020 mencapai 3.280 orang sejak didata pada bulan Januari 2020 lalu.

Berdasarkan data yang diterima suarasurabaya.net dari Dinas Kesehatan Jatim, jumlah kasus ini tersebar merata di 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur.

Penderita DBD terbanyak yaitu Kabupaten Malang dengan 587 orang. Berikutnya disusul Jember dengan 300 kasus dan Trenggalek 242 kasus.

Sedangkan, paling sedikit yaitu Kota Pasuruan dengan 2 kasus, lalu Kota Mojokerto 6 kasus, dan Nganjuk 12 kasus.

Sedangkan, jumlah kematian sejak Januari 2020 mencapai 26 orang. Dengan daerah terbanyak yaitu Kabupaten Malang, Ngawi, dan Trenggalek masing-masing 3 pasien meninggal dunia.

Herlin Ferliana Kadinkes Jatim dalam keterangan tertulis menjelaskan, beberapa upaya sudah dilakukan diantaranya penggiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) melalui 3M plus dengan melaksanakan kegiatan gerakan satu rumah, satu jumantik di semua wilayah di setiap kabupaten dan kota.

“Juga penatalaksanaan dan pemantauan kasus DBD di fasilitas layanan kesehatan. Kita juga menyiapkan petugas, sarana, dan logistik terkait DBD di kabupaten dan kota,” katanya.

Ia mengimbau, agar masyarakat terus meningkatkan pola perilaku hidup bersih dan sehat di rumah tangga. Ia juga mengingatkan, apabila ada masyarakat dengan gejala demam 3 hari, pusing, timbul ruam merah, mual dan nyeri otot serta persendian agar segera dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat. (bas/ang/ipg)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Nur Aini Kusuma

Potret NetterSelengkapnya

Kios Bensin di Lebak Jaya Utara Terbakar

Banjir di Tambak Sawah

Pohon Tumbang di Exit Tol Dupak

Kepadatan di Pasar Wadungasri

Surabaya
Selasa, 2 Juni 2020
29o
Kurs