Jumat, 9 Desember 2022

Peresmian Museum Olahraga dan Jembatan Batal

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Museum Olahraga Surabaya di Jalan Padmosusastro tampak dari luar. Foto: Istimewa.

Rencana peresmian Museum Olahraga Surabaya di Jalan Padmosusastro (Gelora Pancasila) dibatalkan. Museum yang menelan anggaran Rp3 miliar itu rencananya diresmikan oleh Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya, hari ini Rabu (23/12/2020).

Namun, karena Risma harus menghadiri pelantikan sebagai Menteri Sosial (Mensos), rencana peresmian reschedule, Kamis (24/12/2020) besok. Tapi, jadwal yang direncanakan ulang itu kembali dibatalkan.

“Ini berita terbaru cancel lagi. Peresmian Museum Olahraga ditunda dulu,” ujar Iman Krestian Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Surabaya, dihubungi suarasurabaya.net, Rabu malam.

Iman juga tidak mengetahui penyebab, batalnya peresmian Museum Olahraga yang sudah 100 persen selesai itu. “Kami kurang tahu penyebabnya, kami hanya mengikuti arahan protokol,” ujar Iman.

Tidak hanya peresmian Museum Olahraga yang dicancel, tapi juga peresmian Jembatan Sawunggaling Joyoboyo. “Jembatan juga ditunda, sesuai arahan protokol,” katanya.

Sementara M. Fikser Kepala Diskominfo Kota Surabaya bilang, memang peresmian beberapa fasilitas publik itu sudah lama direncanakan akan diresmikan Wali Kota Surabaya, tapi belum terealisasi.

Terkait rencana peresmian di hari-hari dekat ini, karena berbarengan Risma diangkat menjadi Menteri Sosial, maka masih butuh konsultasi dengan Mendagri terkait administrasi.

“Sampai sekarang direncanakan, itu lama (direncanakan diresmikan) tapi belum terealisasi sampai dua hari. Masalahnya kehadiran beliau (Risma) itu sebagai Mensos atau Wali Kota, ini masih konsultasi,” kata Fikser.

Fikser juga menanggapi terkait rangkap jabatan Tri Rismaharini masih dikonsultasikan ke Mendagri. Karena Surat Keputusan Mendagri tentang pemberhentian Riama sebagai Wali Kota belum turun. “Ini masih konsultasi,” katanya.

Adapun sesuai Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah dalam poin Larangan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Pasal 76 ayat 1 huruf (h) menyebutkan, Kepala Daerah dilarang merangkap jabatan sebagai pejabat negara lainnya sebagaimana ditetapkan dalam ketentuan perundang-undangan.

Sekadar diketahui, Museum Olahraga Surabaya ini terdapat 232 koleksi dari sumbangan atlet olahraga asal Surabaya. Seperti sepatu yang digunakan Evan Dimas saat final AFC U-19 tahun 2013 hingga baju jersey Persebaya divisi utama Liga Esis 2008-2009 milik Anang Ma’ruf.

Museum Olahraga ini terdapat dua lantai. Lantai pertama memiliki luas 400 meter persegi, sedangkan di lantai atas seluas 200 meter persegi, total 600 meter persegi. Pengerjaannya pun terbilang cepat, yakni sejak bulan Juli lalu.

Pengerjaan Museum Olahraga ini memakan anggaran miliaran rupiah. “Sekitar Rp 2-3 miliar,” ujarnya.

Sementara Jembatan yang juga dijadwalkan diresmikan Risma akhir tahun ini adalah Jembatan Joyoboyo. Jembatan dengan panjang 150 meter dan lebar 17 meter terlibat masih dikerjakan dan sedikit lagi rampung.

Di Jembatan itu akan ada 300 lebih lampu penghias yang bakal dipasang. Jembatan yang menelan anggaran Rp 39,9 miliar itu akan dihiasi beberapa ornamen, serta terdapat air mancur dan taman. (bid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Jumat, 9 Desember 2022
25o
Kurs