Rabu, 6 Juli 2022

Jembatan Joyoboyo Ditarget Rampung Pertengahan Desember

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Wajah Jembatan Joyoboyo pada tahap pengerjaan finishing. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Febriadhitya Prajatara Kabag Humas Pemkot Surabaya mengatakan, proyek Jembatan Joyoboyo ditarget rampung pada minggu ketiga di bulan Desember 2020. Sekarang ini, progres pembangunan sudah 85 persen.

“Sekarang tinggal finishing termasuk pemasangan lampu, pagar, taman, pedestrian dan ornamen lain. Kalau tidak ada halangan, minggu ketiga di Desember bisa diresmikan,” ujar Febri dihubungi suarasurabaya.net, Minggu (29/11/2020).

Sebelumnya, Ganjar Siswo Pramono Kabid Jalan dan Jembatan DPUMPP Surabaya menjelaskan, penyelesaian ornamen beserta gapura yang berada di tengah jembatan dengan ketinggian mencapai 20 meter telah selesai. Pihaknya menyatakan terus berupaya mempercepat pembangunan jembatan yang memiliki panjang sekitar 150 meter itu.

“Kalau kontrak kita sampai Desember selesai. Kita mencoba mengejarnya,” ujarnya.

Sementara itu, Irvan Wahyudrajat Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya menyatakan, telah berkoordinasi dengan OPD terkait dan kepolisian terkait rencana rekayasa lalu lintas di kawasan itu. Terutama akses jalan di sisi utara Jembatan Joyoboyo.

“Jadi nanti dibuat dua arah jalan di sisi utara Jembatan Joyoboyo itu. Sebelumnya ini sudah kita rapatkan bersama dengan pihak-pihak terkait dan jajaran samping,” kata Irvan.

Di samping itu pula, Irvan menyebut, jembatan lama yang berada di sisi barat jembatan utama (Jalan Darmo) itu nantinya akan difungsikan. Rencananya, jembatan yang memiliki lebar sekitar 4 meter itu akan difungsikan untuk masuk ke arah Jalan Darmo dan Jalan Diponegoro.

“Jembatan lama kita fungsikan untuk masuk ke arah kota Jalan Darmo dan Diponegoro. Jadi ketika (Jembatan Joyoboyo) beroperasional langsung bisa diberlakukan. Ada beberapa rekayasa lalin yang kita lakukan di kawasan itu,” katanya. (bid/iss)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 6 Juli 2022
28o
Kurs