Selasa, 22 September 2020

Peringatan Kemerdekaan Sederhana, Gubernur Minta Masyarakat Hening Selama 3 Menit

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur. Foto : Humas Pemprov Jatim

Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Senin, 17 Agustus besok, tetap dilakukan di Gedung Negara Grahadi dengan prosesi sangat sederhana dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Di tengah suasana pandemi Covid-19, peringatan HUT Kemerdekaan Ke-75 RI kita laksanakan dengan sederhana, namun tetap khidmat dan tertib,” kata Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim, Sabtu (15/8/2020).

Pada hari itu, tidak diperdengarkan lagi letusan meriam Howitzer seperti tahun-tahun sebelumnya. Hanya sirine selama tiga menit peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan.

Khofifah mengajak masyarakat Jatim menghentikan aktivitas mulai pukul 10.17 WIB sampai 10.20 WIB.

“Seluruh warga Jawa Timur, di mana pun berada, kami mohon menghentikan aktivitasnya sejenak untuk mengheningkan cipta sambil berdoa dengan sikap tegap sempurna,” katanya dalam keterangan resmi.

Dalam prosesi peringatan HUT ke-75 RI itu, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang terlibat hanya 10 orang, hasil seleksi tahun lalu. Pasukan upacara dan undangan yang terlibat pun sangat terbatas.

Prosesi peringatan ini sesuai surat Menteri Sekretariat Negara yang juga meminta seluruh jajaran Polri dan TNI membantu pelaksanaan Peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 RI dengan membunyikan sirine sesaat sebelum lagu Indonesia Raya berkumandang.(den/dfn/iss)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Meinara Iman Dwihartanto

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Selasa, 22 September 2020
31o
Kurs