Rabu, 17 April 2024

Presiden Saksikan Geladi Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Joko Widodo Presiden menyaksikan geladi kotor Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar pada Kamis pagi (13/8/2020), di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Foto : Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden menyaksikan geladi kotor Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar pada Kamis pagi (13/8/2020), di halaman Istana Merdeka, Jakarta, yang dalam situasi saat ini disesuaikan dengan adaptasi kebiasaan baru.

Kepala Negara yang mengenakan masker dan pelindung wajah tampak saksama menyaksikan geladi kotor tersebut dari awal hingga akhir yang melibatkan Paskibraka dan pasukan dari TNI maupun Polri.

Prosesi geladi tersebut dimulai dengan masuknya pasukan berjumlah 20 orang dari matra TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Udara, TNI Angkatan Laut, dan Kepolisian RI ke lapangan upacara untuk kemudian diikuti oleh perangkat upacara lainnya secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan.

Presiden, Ibu Negara, Wakil Presiden, dan istri Wakil Presiden disimulasikan memasuki tempat upacara setelahnya sebelum dimulainya Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ditandai dengan tembakan dentuman meriam.

Dalam upacara pada 17 Agustus 2020 nanti Bambang Soesatyo Ketua MPR akan membacakan naskah teks proklamasi. Sementara itu, Fachrul Razi Menteri Agama akan memimpin pembacaan doa.

Prosesi geladi tersebut kemudian dilanjutkan dengan simulasi pengibaran Sang Merah Putih hingga selesainya Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam geladi tersebut ialah Pratikno Menteri Sekretaris Negara, Marsekal Hadi Tjahjanto Panglima TNI, Jenderal Pol. Idham Azis Kapolri, Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden, dan Bey Machmudin Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden.(ant/iss/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
27o
Kurs