Sabtu, 23 Januari 2021

Peringati Hari Guru, Mendikbud Terharu dan Beri Apresiasi Tinggi Dedikasi Guru di Masa Pandemi

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Nadiem Anwar Makarim Mendikbud sambutan pada upacara peringatan HGN Tahun 2020, di Jakarta, Rabu (25/11/2020). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2020 mengangkat tema “Bangkitkan Semangat, Wujudkan Merdeka Belajar”. HGN tahun ini memotivasi masyarakat untuk semangat dalam perjuangan melawan pandemi Covid-19. Sebagaimana semangat yang ditunjukkan oleh para guru yang memilih untuk terus bangkit dan berjuang demi keberlanjutan pendidikan di Indonesia.

Nadiem Anwar Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), mengungkapkan rasa harunya melihat dan mendengar banyak cerita inspiratif dari pengalaman mengajar para guru, terlebih di saat pandemi.

“Saya melihat dan mendengar cerita-cerita hebat, dedikasi, kesungguhan Bapak dan Ibu guru untuk bergerak mencari solusi agar proses belajar anak-anak Indonesia tidak terhenti,” katanya ketika menyampaikan sambutan pada upacara peringatan HGN Tahun 2020, di Jakarta, Rabu (25/11/2020).

Mendikbud mengamati, para guru telah mencoba berbagai metode pembelajaran. Ada yang melakukan pembelajaran secara dalam jaringan (daring). Ada guru yang mengatur anak didiknya dalam sebuah kelompok belajar berskala kecil dan didatangi bergiliran. Ada pula yang bergilir masuk sekolah, melakukan pembelajaran tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Selain itu, ada yang mendatangi rumah siswa dan berdiskusi dengan orang tua untuk membantu proses belajar mengajar. Namun, ada juga yang harus mencari sinyal hingga ke seberang sungai, bukit, dan sebagainya untuk dapat menjalankan pembelajaran.

Oleh karena itu, pada momentum HGN ini, Mendikbud menyampaikan rasa terima kasihnya.

Dia mengapresiasi setinggi-tingginya kepada semua guru, tenaga kependidikan, pemerintah daerah, para pemangku kepentingan pendidikan yang telah menciptakan perubahan dan inovasi yang luar biasa.

“Dengan semangat juang yang tinggi dan kesabaran Bapak/Ibu guru semua, pembelajaran tetap terus berjalan meski dengan segala keterbatasan,” imbuhnya.

“Ini adalah bukti bahwa kita semua adalah pewaris semangat para pejuang yang tidak mau menyerah dengan keadaan. Kita mampu beradaptasi dengan terus belajar, berbagi dan berkolaborasi,” kata Nadiem optimistis.

Pelaksanaan puncak HGN Tahun 2020 diawali dengan pelaksanaan upacara bendera yang dipimpin langsung oleh Mendikbud. Dalam pelaksanaan upacara dilaksanakan secara tatap muka dan virtual. Secara tatap muka dilakukan dengan peserta terbatas dan penerapan protokol kesehatan.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Jelang Tol Manyar Banjir

‘Ranjau’ di Bawah Layang Trosobo

Empat Stand Pasar Ikan Hias Gunung Sari Terbakar

Trailler vs Pick Up di Tol

Surabaya
Sabtu, 23 Januari 2021
25o
Kurs