Sabtu, 8 Mei 2021

Pertahankan Kualitas Lembaga Pendidikan SDM, Politeknik Ubaya Raih AKU 2020

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penghargaan Anugerah Kampus Unggulan (AKU) 2020 kembali diraih Politeknik Universitas Surabaya. Foto: Humas Ubaya

Sebelum menutup akhir tahun 2020, Politeknik Universitas Surabaya (Ubaya) berhasil menambah prestasi dengan kembali meraih penghargaan Anugerah Kampus Unggul (AKU) 2020 sebagai Perguruan Tinggi Kategori Vokasi Terbaik Nomor Satu di Jawa Timur.

Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII Jawa Timur pada Rapat Kerja Pimpinan Perguruan Tinggi LLDIKTI Wilayah VII di Ijen Suites Resort & Convention Malang.

Agung Sriwardhani , S.E., M.A., Direktur Politeknik Ubaya menyampaikan jika setiap tahun Politeknik Ubaya selalu menduduki peringkat pertama sebagai Perguruan Tinggi kategori Vokasi terbaik di Jawa Timur.

Politeknik Ubaya telah meraih penghargaan AKU sebanyak enam kali berturut-turut sejak tahun 2015. Penghargaan AKU 2020 merupakan simbol prestasi sekaligus bukti atas konsistensi Politeknik Ubaya dalam menjaga kualitas mutu lembaga pendidikannya.

“Penghargaan ini tentunya dinilai dari beberapa aspek. Ada empat kriteria penilaian dalam penghargaan AKU yaitu kelembagaan dan kerja sama, pendidikan dan SDM (sumber daya manusia), pembelajaran dan kemahasiswaan, serta risbang (riset dan pengembangan) dan inovasi,” terang Agung Sriwardhani, Selasa (29/12/2020).

Ada beberapa faktor Politeknik Ubaya dapat mempertahankan penghargaan AKU di tahun 2020. Satu di antaranya adalah kemampuan Politeknik Ubaya terus mempertahankan kualitas mutu dari lembaga pendidikan di bidang sumber daya manusia (SDM).

Politeknik Ubaya sebagai pendidikan Vokasi mengedepankan pembelajaran dengan model atau aplikasi terapan dalam mempersiapkan SDM berkualitas. Hal tersebut diimplementasikan dengan mendorong dan membimbing mahasiswa agar bisa terjun langsung atau terlibat aktif dalam Usaha Kecil dan Menegah (UKM) maupun Industri dan Dunia Kerja (Iduka).

“Dengan terjun langsung ke Iduka, mahasiswa dapat menerapkan keilmuan secara langsung bahkan bisa memberikan solusi atau membantu UKM. Di samping itu, mahasiswa dapat belajar banyak hal sekaligus mengembangkan berbagai ide kreatif serta inovasi-inovasi yang bisa diterapkan di Iduka,” terangnya.

Agung Sriwardhani mengungkapkan bahwa penghargaan AKU 2020 ini menjadi motivasi Politeknik Ubaya untuk terus berbenah sesuai aspek penilaian dalam meningkatkan kualitas mutu lembaga pendidikan.

Politeknik Ubaya telah menyiapkan langkah-langkah strategis yang akan dilakukan di tahun mendatang. Langkah strategis tersebut di antaranya adalah meningkatkan kembali kerja sama dengan Iduka.

Kerja sama bersama Iduka dibutuhkan Politeknik Ubaya sebagai perguruan tinggi Vokasi yang mengedepankan pendidikan terapan dalam mengasah keilmuan dan keterampilan mahasiswa agar sesuai dengan kebutuhan industri atau dunia kerja saat ini.

“Kami berharap di tahun mendatang akan semakin banyak Iduka yang bekerjasama dengan Politeknik Ubaya. Semoga dengan kerja sama ini maka mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu secara langsung dan meningkatkan keterampilan mereka sehingga lebih siap untuk memasuki dunia kerja. Adanya kerja sama dengan Iduka, harapannya mahasiswa dapat melihat peluang dan muncul inovasi yang dapat diterapkan,” pungkas Agung Sriwardhani.(tok/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan di Gunungsari

Kecelakaan di Manyar Gresik

Truk Terguling, Solar Menggenangi Jalan

Surabaya
Sabtu, 8 Mei 2021
29o
Kurs