Rabu, 8 Mei 2024

Pertama Kali Dubes Tantowi Meriahkan Natal di Palmerston North Dihadiri 400 WNI

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Acara Open House Natal di kota Palmerston North, 180 km dari Wellington pada tanggal 19 Desember 2020 lalu. Foto: Istimewa

Tahun ini untuk pertama kalinya Tantowi Yahya Dubes RI untuk Selandia Baru, Samoa, Kerajaan Tonga, Cook Island, dan Niue sekaligus Dubes RI Keliling untuk Kawasan Pasifik beserta Dewi Yahya istri menyelenggarakan Open House Natal tidak di Wisma Duta atau KBRI.

Dalam rilisnya, Senin (21/12/2020), Open House Natal dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2020 di kota Palmerston North, 180 km dari Wellington.

Acara berlangsung sangat meriah dihadiri lebih dari 400 warga Indonesia dan diaspora berasal tidak hanya dari Palmerston North juga dari kota-kota sekitar seperti Wellington, Whanganui, Paraparaumu, Hasting, Napier bahkan dari Auckland. Turut hadir pula Tangi Utikere anggota parlemen daerah Palmerston North dari Partai Buruh yang baru terpilih.

Tradisi pelaksanaan open house di Wisma Duta maupun KBRI diubah dengan salah satu bentuk terobosan upaya KBRI Wellington mendatangi, lebih mendekatkan diri dan bersilaturahmi dengan masyarakat Indonesia di berbagai kota di Selandia Baru.

Pemilihan kota Palmerston North antara lain didasarkan pada pertimbangan konsentrasi masyarakat Indonesia terbesar selain Wellington dan Auckland terutama para mahasiswa asal Papua dan posisi tempatnya memudahkan masyarakat Indonesia dari kota lain untuk datang bersilahturahmi. Selain itu situasi pandemi Covid-19 yang membaik memungkinkan terlaksananya acara open house ini.

Dalam sambutannya, Tantowi Yahya menyampaikan bahwa pemerintah tidak selalu didatangi dan dikunjungi tetapi mendatangi dan mengunjungi warganya maupun diaspora dan friends of Indonesia, oleh karenanya pelaksanaan serupa juga akan dilakukan di kota-kota lainnya seperti di Auckland.

“Indonesia sebagai negara yang beragam, bersatu sebagai bangsa Indonesia. Melalui pelaksanaan acara ini diharapkan akan menguatkan tali persaudaraan dan persatuan antar warga sebagai bangsa besar, bangasa Indonesia,” ujar Tantowi.

Sementara itu, Tangi Utikere menyampaikan kebahagiaan dan kebanggaanya terpilih sebagai anggota Parlemen terpilih di kota Palmerston North yang sangat “multicultural” dan beragam.

Di tengah cuaca cerah dan sejuk, diaspora dan masyarakat Indonesia yang hadir sangat menikmati kemeriahan dan keseruan acara Natal yang berlangsung dari pagi sampai sore. Makanan Padang, Bakso Malang, Tahu Gejrot dan aneka kue jajan pasar, minuman dingin serta kopi tersedia mengiringi warga yang berjoget Poco Poco, Maumere sampai Dangdutan.

Masyarakat menyambut dengan kegembiraan dan sukacita acara open house yang berlangsung meriah, akrab dan berkesan.(faz/tin)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
28o
Kurs