Sabtu, 27 April 2024

Petra Peduli Siwalankerto Empati Buat Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Sebagian sembako yang akan dibagikan untuk masyarakat terdampak Covid-19 disekitar kampus UK Petra Surabaya. Foto: Humas UK Petra

Bantu sesama dan wujudkan empati pada warga di sekitar kampus ditengah pandemi Covid-19, Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, Kamis (14/5/2020) gelar aksi sosial untuk masyarakat terdampak, Petra Peduli Siwalankerto.

Pandemi Covid-19 berdampak pada kehidupan manusia, tidak terkecuali perekonomian warga masyarakat sekitar kampus, dan gerakan sosial Petra Peduli Siwalankerto bertujuan meringankan dan membantu mereka yang terdampak.

Bersama dengan Yayasan Indonesia Sejahtera Barokah (YISB), Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya menyalurkan bantuan sekurangnya 300 paket sembako, dan pada masing-masing paket sembako tersebut berisi bahan kebutuhan sehari-hari diantaranya, minyak, garam, kecap, telur, mie, dan sarden kaleng.

Dijadwalkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UK Petra akan sesegera mungkin menyalurkan donasi ini kepada warga Siwalankerto dan juga tenaga outsource di kampus Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya.

Poedi Soenarjo Wartono Kepala Bidang Kajian dan Pendampingan Masyarakat LPPM UK Petra Surabaya menyampaikan bahwa dampak pandemi Covid-19 dan pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), kawasan sekitar kampus menjadi sepi dan tidak terlalu banyak aktivitas.

“Di situasi seperti ini, mahasiswa belajar dari rumah, Siwalankerto menjadi sangat sepi. Banyak warga yang awalnya berjualan di sekitar kampus harus tutup. Tenaga outsource pun juga mengalami pengurangan jam kerja, karena minimnya kegiatan di kampus. Ini perlu mendapat perhatian,” terang Poedi Soenarjo Wartono, Kamis (14/5/2020).

Penyaluran donasi paket sembako ini merupakan kegiatan keempat dari rangkaian Petra Peduli Siwalankerto. Sebelumnya, LPPM UK Petra telah menyalurkan sekurangnya 175 voucher belanja kepada masyarakat Siwalankerto disekitaran kampus.

Selanjutnya bekerja sama dengan Keluarga Alumni Universitas Kristen Petra (Kanitra) pihak kampus menyalurkan sekitar 1750 kg beras yang dibagikan kepada 175 warga, serta 165 kg Telur yang diserahkan kepada Ketua RW setempat untuk dibagikan kepada warga.

“Penyaluran donasi bantuan ini kami berikan kepada warga Siwalankerto, tepatnya yang berada disekitar lingkungan kampus UK Petra Surabaya yang tidak mampu dan belum terjangkau program bantuan pemerintah,” papar Tono.

Diharapkan, kegiatan penyaluran bantuan untuk warga masyarakat sekitar kampus UK Petra Surabaya terdampak pandemi Covid-19 ini akan terus dilaksanakan untuk membantu masyarakat Siwalankerto yang terdampak Covid-19 dan membutuhkan bantuan.

“Universitas Kristen Petra dengan gerakan sosial Petra Peduli Siwalankerto ini merupakan bentuk empati kami terhadap permasalahan warga Siwalankerto, semoga apa yang kami lakukan ini dapat membantu dan mengurangi beban warga sekitar ditengah pandemi Covid-19 saat ini,” pungkas Tono.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
26o
Kurs