Selasa, 11 Agustus 2020

Plaza Alun-Alun Surabaya Ditarget Rampung Sebelum 17 Agustus

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Rancangan desain Alun-Alun Surabaya. Foto: Humas Pemkot Surabaya

Pemkot Surabaya menarget pembangunan alun-alun di bagian area di Balai Pemuda dapat tuntas sebelum 17 Agustus mendatang.

Iman Krestian Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman PU Cipta Karya Surabaya mengatakan, secara umum situasi pandemi ini tak mengganggu pengerjaan proyek tersebut.

“Saat ini kita lagi percepatan, karena target kita untuk area atas itu biar segera selesai,” kata Iman, Sabtu (11/7/2020).

Pada Sabtu siang, para pekerja proyek tampak tengah mengerjakan dari berbagai sudut. Misalnya proses pengerjaan lantainya yang saat ini masih dilakukan. Pelataran di area Balai Pemuda tengah dikebut.

“Kita lagi pemasangan marmer, tujuannya satu kawasan itu memiliki satu koridor yang sama, jadi lebih rapi,” terang Iman.

Iman mengatakan, secara umum bangunan plaza bagian atas ini adalah ruang terbuka berkonsep klasik modern. Nantinya ini bisa dimanfaatkan untuk pertunjukan kesenian dan kebudayaan. Ini menyesuaikan aktivitas Balai Pemuda yang selama ini digunakan untuk seni dan budaya.

Luasan plaza sekitar 3000 meter persegi itu juga akan dihiasi banyak taman. Ditambah bakal ada air mancur di tiga titik yang lengkap dengan kolam. Bahkan, nantinya air mancur ini akan disetting seolah berkabut. Menurut Iman, secara umum pengerjaan sudah sekitar 80 persen.

“Jadi nanti Balai Pemuda lebih hijau lebih adem,” ujar Iman.

Iman mengatakan, saat ini segala hal tengah dikebut. Sebelum 17 Agustus mendatang semua komponen detil di area atas ini diupayakan rampung. Namun, tentang pembukaannya kapan, Iman belum bisa memastikan. Semua masih bergantung pada situasi pandemi. Kalaupun dibuka bakal ada protokol ketat yang diterapkan.

“Kita upayakan sebelum 17 Agustus sudah clear, untuk area atas,” ungkap Iman.

Proyek yang disebut-sebut akan menjadi ikon Surabaya ini terus dikebut. Menurut Iman, untuk pengerjaan di bagian bassement juga terus dilakukan secara paralel. Di area bawah tanah itu kelak akan menjadi tempat UMKM dan juga pertunjukan seni. (bid/iss)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Hendra Lukas P. Hutagalung

Potret NetterSelengkapnya

Pelangi Sore Hari di Surabaya

Kangen Tanggapan

Unjuk Rasa Aliansi Pekerja Seni Surabaya

Truk Patah As di Gedangan

Surabaya
Selasa, 11 Agustus 2020
27o
Kurs