Senin, 4 Juli 2022

Polda Jatim Akan Periksa Suhu Tubuh Pemudik dalam Perjalanan ke Kampung Halaman

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Irjen Pol Luki Hermawan Kapolda Jatim. Foto: Dok./Anggi suarasurabaya.net

Polda Jatim akan memeriksa suhu tubuh seluruh pemudik yang sedang dalam perjalanan menuju kampung halaman pada musim Lebaran 2020, mencegah penyebaran Covid-19 antar daerah.

Irjen Pol Luki Hermawan Kapolda Jatim mengatakan, pemeriksaan ini berlaku untuk semua pemudik baik menggunakan kendaraan umum maupun pribadi.

Kapolda Jatim itu mencontohkan, bus-bus yang mengangkut pemudik akan diberhentikan sementara dan petugas akan memeriksa suhu tubuh penumpang satu per satu. Selain itu, pemudik juga akan disemprot dengan cairan yang diklaim tidak berbahaya.

“Tadi saya sampaikan untuk bus akan diberhentikan diperiksa setiap penumpangnya satu per satu dan disemprot dengan cairan yang tidak membahayakan tubuh yang mengandung obat tapi tidak membahayakan,” ujar Irjen Pol Luki pada Kamis (9/4/2020).

Hal ini juga berlaku bagi pemudik yang memakai kendaraan pribadi. Irjen Pol Luki mengatakan, kendaraan pribadi juga akan diberhentikan dan harus diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas.

“Sama (diperiksa, red). Tadi kami sampaikan ke seluruh jajaran bukan penutupan. Tapi kita memberikan perlakuan untuk pemeriksaan,” katanya.

Apabila nantinya ada pemudik yang memiliki suhu tubuh diatas 37 derajat celcius, yang bersangkutan akan menjalani pemeriksaan lanjutan oleh tim medis, untuk kemudian dirujuk ke rumah sakit terdekat. (bas/ang)

Berita Terkait

Surabaya
Senin, 4 Juli 2022
28o
Kurs