Jumat, 29 Maret 2024

Prajurit Brigif 2 Marinir Latihan Evakuasi Pasien Covid-19

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Latihan evakuasi pasien positif Covid-19 diikuti prajurit Brigif 2 Marinir. Foto: Dispen Kormar

Prajurit Brigade Infanteri 2 Marinir mengikuti latihan evakuasi pasien positif Covid-19 serta sterilisasi dan penyediaan makanan bagi pasien positif Covid-19, yang digelar di Kesatrian Marinir Soepraptono Semarung, Ujung, Surabaya.

Pada latihan penanggulangan dampak wabah Covid-19 Pasmar 2 Ta. 2020 tersebut prajurit Yonif 5 Brigif 2 Marinir dibawah pimpinan Letda Mar Edi Kurniawan bergabung dengan prajurit dari Yonranratfib 2 Marinir dan Yonkapa 2 Marinir, serius mengikuti semua materi latihan yang disampaikan Lettu Laut (K) dr. Pisok Michael Awuy dari Yonkes 2 Menbanpur 2 Marinir.

Materi yang dilatihkan meliputi prosedur dukungan logistik pada penangan Covid-19, pengerahan personel, alat dan logistik yang meliputi personel evakuasi, personel pengamanan dan personel penyemprotan disinfektan.

Selain itu juga dilaksanakan latihan sterilisasi dan penyediaan makanan serta pendataan untuk kelompok yang rentan terpapar Covid-19.

Latihan dilaksanakan dengan dua metode, yaitu dilaksanakan dengan pemberian materi secara teori, setelah itu seluruh peserta latihan melaksanakan praktek sesuai dengan materi secara bergantian.

Selain di Kesatrian Marinir Soepraptono Semarung, prajurit Brigif 2 Marinir dibawah pimpinan Kapten Marinir Agus Dwi Wibowo juga mengikuti latihan penanggulangan dampak Wabah Covid-19 Pasmar 2 Ta. 2020 di Kesatrian Marinir R. Suhadi Brigif 2 Marinir Gedangan.

Mereka yang mengikuti latihan di kesatrian Marinir R Suhadi Brigif 2 Marinir, Gedangan, Sidoarjo yaitu, dari Yonif 1 Marinir dan Yonif 3 Marinir.

Pada latihan di Brigif 2 Marinir Gedangan, peserta latihan menerima materi latihan yang disampaikan oleh Mayor Laut (K) drg. Puthut Kuncara Adi, Sp.Perio yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Kompi Rumah Sakit Lapangan Batalyon Kesehatan 2 Marinir.

Latihan penanggulangan dampak wabah Covid-19 Pasmar 2 Ta. 2020 yang diikuti oleh Komando Pelaksana maupun Satuan Pelaksana di jajaran Pasmar 2 tersebut, dibuka langsung oleh Danpasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M.

Latihan tersebut dilaksanakan dengan tujuan agar peserta latihan memahami kebijakan pemerintah dalam melaksanakan penanggulangan dampak Covid-19, menguasai prosedur dan mampu memberikan bantuan dengan cepat dan tepat dalam melaksanakan penanggulangan dampak Covid-19. (tok/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs