Sabtu, 27 April 2024

Pramuka Jatim Peduli Covid-19, Bagikan 4.000 Paket Bahan Makanan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penyerahan paket bahan makanan pada masyarakat terdampak pandemi Covid-19 oleh Pramuka Kwarda Jarwa Timur, Senin (18/5/2020). Foto: Humas Kwarda Pramuka Jawa Timur

Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur, Senin (18/5/2020) bagikan lebih dari 4.000 paket bahan makanan kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Peduli pada masyarakat terdampak pandemi Covid-19, Senin (18/5/2020) Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur, membagikan lebih dari 4.000 paket bahan makanan.

Ke 375 dari 4.000 paket bahan makanan itu didistribusikan langsung oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka melalui Brigade Penolong 13 Kwarda Jatim dan Pramuka Peduli Surabaya.

Kak AR Purmadi Wakil Kepala(Waka) Kwarda Pramuka Jatim yang langsung memimpin penyerahan secara simbolis bantuan 375 paket bahan makanan itu kepada masyarakat terdampak di sekitar kantor Kwarda Jatim.

“Kwartir cabang di 38 kota kabupaten se Jawa Timur juga melakukan aksi yang sama. Ini sebagai bentuk kepedulian Pramuka terhadap kondisi masyarakat terdampak pandemi Covid-19 saat ini,” terang AR Purmadi, Senin (18/5/2020).

Aksi membagikan paket bahan makanan ini, ditegaskan Purmadi sebagai wujud memupuk kesalehan sosial anggota Pramuka Jawa Timur disaat pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia ini.

“Aksi kali ini juga untuk mewujudkan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim yang mencanangkan ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19,” tambah Purmadi usai memberikan bantuan secara simbolis pada awak media.

Protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, menjadi acuan dalam pendistribusian bantuan kepada masyarakat ini.

“Anggota pramuka yang tergabung dalam Satgas Pramuka Peduli disebar untuk mendatangi masing-masing warga terdampak yang akan menerima bantuan. Tidak mengundang kerumunan massa,” tegas Purmadi.

Anggota Satgas Pramuka Peduli juga diminta mengenakan masker dan selalu menjaga jarak dalam pendistribusian ini. “Penggunaan masker menjadi keharusan bagi anggota Satgas Pramuka Peduli dalam bertugas. Termasuk pada kegiatan penyerahan paket bahan makanan ini,” kata Purmadi.

Sebelumnya, pada awal masa darurat pandemi Covid-19, Kwarda Pramuka Jawa Timur telah melakukan aksi sosial kepada masyarakat. Membagikan hand sanitizer, masker, penyemprotan disinfektan, dan aksi sosial lainnya.

“Kami juga memberikan pemahaman atau edukasi akan bahaya dan cara mencegah pandemi Covid-19. Termasuk menjelaskan tentang protokol kesehatan yang saat ini menjadi bagian peting, dan setiap orang harus peduli dengan protokol kesehatan dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19,” Purmadi.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs