Sabtu, 27 April 2024

Presiden Instruksikan Jajaran Pastikan Ketersediaan Masker dengan Harga Terjangkau

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden meminta warga masyarakat yang harus beraktivitas di luar rumah selama ada wabah Covid-19, memakai masker penutup mulut dan hidung.

Menurut Jokowi, imbauan penggunaan masker untuk semua orang, baik yang sakit maupun sehat, merupakan rekomendasi dari organisasi kesehatan dunia (WHO).

“Sebelumnya, waktu awal wabah Covid-19, WHO menyampaikan masker hanya untuk orang yang sakit. Tapi, sekarang semua yang keluar rumah harus pakai masker,” ujarnya dalam rapat kabinet terbatas melalui videokonferensi dari Istana Merdeka, Jakarta, Senin (6/4/2020).

Supaya masyarakat mematuhi imbauan tersebut, Presiden menginstruksikan jajarannya untuk memastikan ketersediaan masker yang bisa dipakai dan harga terjangkau.

“Saya meminta sekarang ini masker betul-betul disiapkan dan diberikan kepada masyarakat. Setiap warga yang harus keluar rumah wajib memakai masker,” imbuhnya.

Sebelumnya, Achmad Yurianto juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, juga menyebut kebijakan wajib masker merupakan rekomendasi WHO.

Dokter Yurianto bilang, masyarakat disarankan memakai masker kain yang bisa dicuci dan dipakai berkali-kali. Karena, masker standar medis seperti masker bedah dan N-95 prioritas untuk dokter dan paramedis yang menangani pasien Covid-19.(rid/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs