Selasa, 19 Januari 2021

Presiden Mengapresiasi Peran Aktif TNI Mengatasi Pandemi Covid-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memimpin upacara peringatan HUT ke-75 TNI, Senin (5/10/2020), di Istana Negara, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Senin (5/10/2020), memimpin upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI), di Istana Negara, Jakarta.

Upacara yang disiarkan lewat video konferensi, berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, dan jumlah peserta terbatas.

Mengawali pidatonya, Presiden mengapresiasi kontribusi TNI membantu korban musibah bencana alam, termasuk dalam upaya mengatasi wabah penyakit Covid-19.

Jokowi, secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih atas peran aktif TNI mendisiplinkan protokol kesehatan di masyarakat, ikut menegakkan penerapan PSBB, serta menjalankan operasi kemanusiaan untuk menekan penyebaran Virus Corona.

“Dalam sejarah panjang TNI, kontribusi TNI untuk bangsa dan negara bukan hanya melalui OMP (Operasi Militer untuk Perang) tetapi juga melalui OMSP (Operasi Militer Selain Perang), yang dengan sigap membantu rakyat yang sedang menghadapi bencana alam, termasuk dalam pandemi Covid-19 sekarang ini. Terima kasih atas peran aktif TNI dalam penanganan dampak pandemi Covid-19, baik dalam mendisiplinkan protokol kesehatan maupun perawatan di RS TNI,” ujarnya.

Selain itu, Presiden mengamanatkan kepada Prajurit TNI untuk terus meningkatkan kemampuan, profesionalisme dan kesiapsiagaan untuk menjalankan tugas-tugasnya.

Secara virtual, Jokowi juga kembali mengingatkan seluruh Prajurit TNI memegang teguh amanat Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, serta bersinergi dengan rakyat demi kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada kesempatan itu, Jokowi Presiden memberikan tanda kehormatan bintang militer untuk tiga orang Prajurit TNI yang berjasa luar biasa melebihi panggilan kewajibannya.

Tiga Prajurit TNI yang mendapat bintang militer tahun ini, masing-masing adalah Kolonel Infantri Sri Widodo (Bintang Kartika Eka Paksi Nararya), Kapten Marinir Suryo Hadil Umam (Bintang Jalasena Nararya), dan Pembantu Letnan Satu Sobirin (Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya).

Presiden tidak lupa menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada keluarga besar, institusi dan para Prajurit TNI yang sekarang sedang menjalankan tugasnya.

Apresiasi juga dialamatkan Jokowi kepada purnawirawan TNI, serta seluruh Prajurit TNI yang selalu berbakti untuk kemajuan negeri, di tengah kondisi dunia yang terus berubah.(rid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Mogok di Manyar Gresik

Jeglongan di Wedi Gedangan

Jalan Rusak di Brigjend Katamso Sudah Ditambal

… Lewati Lembah, Sungai Mengalir, Eh Bukan

Surabaya
Selasa, 19 Januari 2021
29o
Kurs