Kamis, 28 Maret 2024

Puan: Bung Karno dan Taufiq Kiemas Telah Menunjukkan Persatuan Bangsa yang Beragam Lebih Penting Dari Apapun

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Puan Maharani Ketua DPR RI. Foto: Istimewa

Puan Maharani Ketua DPR RI menyatakan, pemimpin bangsa ini, baik saat ini maupun ke depannya harus memegang teguh nilai-nilai Pancasila 1 Juni 1945. Nilai-nilai yang harus menjadi pedoman itu adalah Ketuhanan, Kebangsaan, Kemanusiaan, Demokrasi dan Keadilan Sosial.

Hal itu dikatakan Puan pada Peringatan Bulan Bung Karno 2020 dan 7 Tahun Wafatnya Taufiq Kiemas mantan Ketua MPR RI melalui Ceramah, Pembacaan Surat Yasin, dan Tahlilan Berjamaah secara virtual di Jakarta seperti dalam rilisnya, Selasa (9/6/2020).

“Baik Bung Karno maupun Bapak Taufiq Kiemas, telah mewariskan nilai-nilai yang sangat penting bagi bangsa ini. Nilai-nilai itulah yakni Ketuhanan, Kebangsaan, Kemanusiaan, Demokrasi dan Keadilan Sosial yang harus dipegang teguh oleh pemimpin bangsa ini siapapun itu,” ujar Puan.

Puan juga mengatakan, Bung Karno dan Taufiq Kiemas juga telah menunjukkan bahwa persatuan bangsa yang beragam ini adalah hal yang lebih penting dari apapun.

Kedua tokoh itu bisa diterima oleh semua komponen bangsa. Sehingga persatuan nasional bisa terwujud dengan sebenar-benarnya.

“Demikian juga dengan Gotong Royong yang merupakan intisari dari Pancasila, hanya bisa diwujudkan melalui persatuan seluruh anak bangsa. Dan Bung Karno maupun Bapak Taufiq telah menunjukkan perjuangan luar biasa dalam mempersatukan bangsa,” ujarnya.

Selain Puan, berbagai tokoh lain juga turut mengisi acara Peringatan tersebut. Mereka diantaranya Haedar Nashir Ketua Umum PP Muhammadiyah, Bambang Soesatyo Ketua MPR-RI serta Hamka Haq Ketua Umum PP Bamusi.(faz/ang/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs