Kamis, 29 September 2022

Puluhan Peserta di Surabaya Gagal Ikut UTBK Batch 2 Karena Reaktif Covid-19

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Batch 2 di ITS. Foto : Istimewa

Puluhan peserta gagal mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Batch 2 yang digelar pada 20-25 Juli 2020 di Surabaya karena dinyatakan reaktif Covid-19 dari hasil rapid test.

Di pusat UTBK Unair, sebanyak 34 peserta dinyatakan gagal mengikuti ujian karena diketahui reaktif dari hasil rapid test onsite yang disediakan pihak kampus.

“Mereka tidak bisa mengikuti re-lokasi,” kata Junaidi Khotib Ketua Pusat UTBK Unair.

Sedangkan, di pusat UTBK ITS, ada 26 peserta yang juga gagal mengikuti ujian karena alasan sama.

“Bagi peserta yang dinyatakan reaktif tahap kedua tersebut secara otomatis dinyatakan gugur untuk mengikuti UTBK dan tidak lolos SBMPTN,” ujar Siti Machmudah Direktur Pendidikan ITS.

Sementara, jumlah peserta UTBK Batch 2 yang tidak hadir tanpa alasan juga terhitung cukup banyak. Di Unair, ada 1.282 perserta tidak hadir dari total 12.040 peserta terdaftar. Sedangkan di ITS, ada 765 peserta tidak hadir dari jumlah total kehadiran sebanyak 7.250 peserta.

Selain itu, juga ada sejumlah peserta yang sebelumnya reaktif Covid-19 di Batch 1 bisa mengikuti UTBK susulan pada 30 Juli 2020 mendatang. Di Unair, ada 303 peserta. Sedangkan di ITS ada 119 peserta.

Mereka merupakan peserta dari Batch 1 yang sudah menjalani karantina mandiri selama 14 hari dan menunjukkan hasil nonreaktif rapid test atau bisa menunjukkan hasil negatif swab test. (bas/iss/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Kamis, 29 September 2022
29o
Kurs