Jumat, 26 April 2024

Radio Nyatakan Perang Lawan Corona

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi Radio Suara Surabaya. Foto: suarasurabaya.net

Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) mengajak seluruh radio anggotanya untuk menyebarkan rasa optimisme dan saling bahu membahu melawan Covid-19.

Salah satu caranya dengan inisiatif kampanye “Radio Lawan Covid-19” mulai tanggal 26 Maret 2020 hingga 14 hari ke depan. Seruan tersebut akan diaplikasikan sebagai materi kata awal setiap kali penyiar berbicara, dan digunakan sebagai tagar #RadioLawanCovid19 di akun sosial media radio siaran swasta di seluruh Indonesia.

Erick Thohir Ketua Umum PRSSNI mengatakan bahwa inisiatif ini merupakan wujud nyata dari peran dan tanggung jawab seluruh radio siaran swasta di masa-masa sulit seperti sekarang. Selain memberi informasi dan menghibur, radio juga bisa memberi contoh, memberi semangat, dan mengajak masyarakat untuk melawan penyebaran Covid-19 ini.

Data PRSSNI menunjukkan jumlah orang yang mendengarkan radio selama Work From Home meningkat, terutama melalui mobile application atau radio streaming.

“Kami yakin apa yang kami lakukan sangat efektif dalam membantu pemerintah dan masyarakat menghadapi pandemi Covid-19 ini,” ujarnya melalui siaran pers.

Erick pun yakin dan percaya bahwa Indonesia akan berhasil melewati Pandemi Covid-19 dengan tegar. “PRSSNI bertekad menjadi sahabat baik bagi para pendengar radio di seluruh Indonesia, serta menjadi mitra yang powerful bagi pemerintah dalam melewati masa-masa sulit yang penuh tantangan ini.” kata Erick.

Selain kampanye “Radio Lawan Covid 19”, berikut sejumlah inisiatif PRSSNI lainnya yang didukung dan dilaksanakan oleh seluruh radio siaran swasta yang menjadi anggotanya :

1. Mensosialisasikan pemahaman mengenai apa itu Covid-19 melalui penyiaran berbagai versi iklan layanan masyarakat, yang disiarkan di seluruh radio siaran swasta di seluruh Indonesia.

2. Mengimbau radio siaran swasta untuk mendukung dan melaksanakan program bekerja dari rumah yang dianjurkan pemerintah, bahkan termasuk melaksanakan siaran dari rumah.

3. Memberikan apresiasi dan dukungan moril kepada seluruh tenaga medis dan pasien Covid-19.

4. Meminta seluruh Radio siaran swasta di seluruh Indonesia untuk mengklarifikasi hoaks tentang Covid-19 yang banyak beredar di masyarakat.

5. Mengimbau Radio siaran swasta di seluruh Indonesia untuk membantu pendengarnya yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan masker dan hand sanitizer.

6. Mendorong Radio siaran swasta di seluruh Indonesia untuk membantu tenaga kesehatan yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan alat pelindung diri.

Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) merupakan asosiasi yang menjadi wadah bagi 600 lebih radio siaran swasta di seluruh Indonesia. Sebagai lembaga penyiaran, radio siaran swasta berperan memberikan informasi yang cepat, tepat dan akurat, dengan penyampaian yang dikemas sedemikian rupa, sehingga dapat memberikan rasa aman dan menumbuhkan optimisme bagi masyarakat.  Berbagai bentuk kreativitas program dan musik juga disiarkan, agar dapat menyejukkan suasana dan menemani pendengar bekerja, belajar dan ibadah di rumah.(iss)

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs