Jumat, 26 April 2024

Resmi Menjabat Mensos, Sederet Tugas Sudah Menanti Risma

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Tri Rismaharini Menteri Sosial memberikan keterangan perdana di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Foto: Dok/Farid suarasurabaya.net

Tri Rismaharini, pagi hari ini, Rabu (23/12/2020), resmi menjabat Menteri Sosial, sesudah dilantik Joko Widodo Presiden, di Istana Negara, Jakarta.

Sebagai Menteri Sosial, Risma sudah punya sederet tugas yang harus dikerjakan, terutama untuk mengatasi berbagai persoalan di masyarakat, akibat pandemi Covid-19.

Dalam keterangannya usai pelantikan, mantan Wali Kota Surabaya itu mengungkapkan mendapat perintah dari Presiden, untuk merealisasikan Bantuan Sosial triwulan IV 2020, dan pekan pertama Januari 2021.

Risma bilang, Jokowi meminta bansos bisa tersalurkan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan, karena berkaitan dengan pergerakan ekonomi nasional.

Maka dari itu, Risma berjanji akan langsung kerja keras, supaya target-target yang diminta Presiden bisa tercapai.

“Kementerian Sosial yang diminta Bapak Presiden yang sangat urgent adalah realisasi bantuan untuk triwulan IV dan nanti awal 2021 Januari minggu pertama harus bisa keluar, karena juga berkaitan dengan pergerakan ekonomi nasional. Karena itu, kami harus kerja keras sehingga minggu pertama Januari 2021 (bansos) bisa tersampaikan kepada penerima bantuan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Tri Rismaharini menyampaikan mengenai pentingnya pemberdayaan, supaya bantuan pemerintah bermanfaat signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Terkait kesejahteraan, dia menegaskan perlu ada mekanisme pembinaan, melibatkan para kepala daerah, serta perguruan tinggi setempat yang mengetahui detail perkembangan daerahnya.

“Kami mencoba supaya bantuan itu mempunyai implikasi atau dampak langsung yang terukur kepada kesejahteran masyarakat. Artinya, ada mekanisme pembinaan yang harus dilakukan,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Risma juga menyampaikan urgensi perbaikan data penerima bantuan sosial.

Untuk memutakhirkan data, Kementerian Sosial akan bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Seperti diketahui, Tri Rismaharini menjadi Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang terjerat kasus korupsi bantuan sosial untuk masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Selain melantik Risma, Jokowi Presiden juga memberikan tugas kepada Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, Sakti Wahyu Trenggono Menteri Kelautan dan Perikanan, serta Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs