Jumat, 19 April 2024

Risma Jadi Mensos

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Tri Rismaharini yang saat itu menjabat sebagai Wali Kota Surabaya, berada di rumah dinas Jalan Sedap Malam Surabaya, Senin (14/12/2020). Foto: Dok/Abidin suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden menunjuk Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya menjadi Menteri Sosial menggantikan Jualiri P Batubara, Selasa (22/12/2020).

Presiden mengumumkan penunjukan Risma dan sejumlah menteri lainnya di Istana Merdeka, terpantau dari siaran langsung YouTube Sekretariat Negara.

Jokowi bahkan menempatkan Risma pada urutan pertama calon menteri yang dia sebut untuk Kabinet Indonesia Maju berikutnya.

“Saya akan memperkenalkan satu per satu. Yang pertama, Ibu Tri Rismaharini. Saya kira kita tahu semuanya. Beliau adalah Wali Kota Surabaya. Dan saat ini, Ibu Tri Rismaharini akan kami beri tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mengaku tidak mengincar jabatan Menteri Sosial. Namun, kalau Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDI Perjuangan menugaskannya, Risma akan menjalaninya.

“Oleh karena itu, sekali lagi kenapa saya tidak berani. Siapa pun yang ngomong, kalau saya mendapat perintah Bu Mega: Bu Risma kamu jalani, aku baru jalan,” ujar Risma usai bertemu Kepala Staf Presiden di Rumah Dinas Jalan Sedap Malam, Surabaya, Rabu (16/12/2020).

Risma kembali menegaskan, dia tidak pernah meminta bahkan kepingin jabatan Mensos. Karena menurutnya jabatan Mensos tanggungjawabnya berat.

“Tapi bukan aku yang minta, atau aku yang kepingin. Kalau aku yang kepingin aku takut itu tadi, karena sekian juta tergantung pada bantuan-bantuan tadi. Kalau aku salah kan bahaya sekali, aku harus mempertanggungjawabkan kepada Tuhan yaopo,” ujar Risma.

Saat itu, Risma bilang, pekerjaan Menteri Sosial sangat berat. Jutaan orang di Indonesia bergantung dari Mensos. Itulah alasan dia tidak berambisi jadi Mensos, kecuali dapat tugas dari Megawati Soekarnoputri.

Kabar bahwa Tri Rismaharini akan mendapatkan tawaran Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Juliari Batubara yang tersangkut kasus korupsi bantuan sosial (bansos) Covid-19 sudah beredar sejak beberapa waktu lalu.

Sejumlah pihak, terutama para politisi, telah menyampaikan asumsinya sejak beberapa waktu lalu kalau Risma memang pantas untuk mengisi jabatan tersebut.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs