Kamis, 25 April 2024

RSUD dr Soetomo Klarifikasi Foto Viral Permintaan Pemeriksaan COVID-19

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan

dr Pesta Manurung Kepala Humas RSUD dr Soetomo Surabaya mengklarifikasi foto pemeriksaan darah pasien yang beredar di grup WhatsApp, yang disebut-sebut positif COVID-19.

“Itu bukan foto hasil laboratorium, tapi permintaan pemeriksaan laboratorium atas nama Pasien Dengan Pemantauan (PDP) yang sedang kita rawat,” ujarnya kepada Radio Suara Surabaya, Selasa (17/3/2020).

dr Pesta menjelaskan, memang setiap hari, pagi, siang, dan sore, RSUD dr Soetomo Surabaya melakukan evaluasi pemeriksaan laboratorium terhadap pasiennya.

Saat ini, RSUD dr Soetomo Surabaya masih menelusuri sumber foto tersebut. Jika terbukti foto tersebut berasal dari petugas rumah sakit, manajemen melalui komite etik akan memberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku.

“Mari kita sama-sama saling menjaga privasi pasien atau keluarga kita yang sedang kita rawat di mana pun itu, dengan penyakit tertentu. Imbauan kami agar masyarakat tidak lagi menyebarkan foto ini dengan menghapusnya,” kata dr Pesta.

Untuk diketahui, ada 3 tahapan sebelum seorang pasien dinyatakan suspect COVID-19.

Tahap pertama, Orang Dalam Pemantauan (ODP). Semua orang yang berasal dari negara yang sudah diyakini terjadi penularan antar manusia. Pemantauan dimaksudkan untuk mengantisipasi apabila orang tersebut sakit, sehingga bisa dengan segera dilakukan pengecekan.

Tahap kedua, Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Apabila ODP sakit dengan gejala yang mengarah ke influenza sedang atau berat seperti batuk, flu, demam, dan gangguan pernapasan, maka secara langsung dijadikan PDP.

Tahap ketiga, Suspect. Apabila PDP memiliki riwayat kontak dengan orang lain yang confirm positif COVID-19 maka dia menjadi suspect.(iss/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs