Senin, 6 Mei 2024

Saleh Daulay: Tugas Berat Menanti Budi Gunadi Sadikin Menkes

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Saleh Partaonan Daulay Wakil Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) saat di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Saleh Partaonan Daulay anggota Komisi IX DPR RI menghormati keputusan presiden yang telah menunjuk 6 orang menteri baru di jajaran kabinet Indonesia Maju. Diharapkan, keenam menteri baru ini dapat menambah kekuatan bagi pemerintah untuk meningkatkan performa dalam melayani masyarakat.

Karena itu, kata Saleh, semua pihak diharapkan dapat memberikan waktu kepada mereka untuk bekerja dan menorehkan prestasi.

Khusus Budi Gunadi Sadikin (BGS) yang diangkat menjadi Menteri Kesehatan, kata Saleh, banyak harapan dan ekspektasi yang dilekatkan di pundaknya, termasuk penanganan Covid-19.

“Ada banyak tugas di Kementerian Kesehatan yang perlu ditangani secara serius. Selain masalah rutin yang dihadapi setiap tahun, persoalan Covid-19 tentu menjadi persoalan yang tidak mudah diatasi,” ujar Saleh saat dihubungi suarasurabaya.net, Rabu (23/12/2020).

Ketua Fraksi PAN DPR RI ini juga mengatakan kalau banyak orang yang meragukan kinerja BGS nanti, karena bukan berlatarbelakang dunia kesehatan.

“Kan banyak orang yang meragukan pak BGS. Sebetulnya keraguan itu beralasan. Sebab, BGS bukan dari kalangan dunia kesehatan. Ini agak berbeda dengan kebiasaan sebelum-sebelumnya di mana Menkes selalu berasal dari profesional di bidang kedokteran,” jelasnya.

“Keraguan itu harus dijawab oleh pak BGS. Pak BGS tentu sudah memahami bahwa tugas sebagai Menkes sangat berat. Terutama di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini,” imbuhnya.

Namun demikian, Saleh meyakini, dengan pengalaman dalam memimpin berbagai lembaga yang pernah dilakoni sebelumnya, tugas memimpin Kemenkes akan dapat dijalankan dengan baik. Setidaknya, dari aspek manajerial, BGS tentu tidak diragukan. Tinggal bagaimana agar hal itu bisa diimplementasikan dalam memimpin kementerian kesehatan.

Bagi Saleh, kinerja Terawan (Mantan Menkes) itu sudah lumayan bagus. Meski begitu, dia tetap diganti.

“Nah, kita semua berasumsi bahwa pak BGS pasti lebih bagus. Itu tantangan yang harus dibuktikan oleh BGS,” kata Saleh.

Saleh menegaskan, masyarakat menunggu pelayanan kesehatan yang lebih baik. Semua berharap agar masyarakat Indonesia segera lepas dari kungkungan Covid-19. Dengan begitu, perekonomian lambat laun akan semakin baik.(faz/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
25o
Kurs