Selasa, 23 April 2024

Budi Gunadi Sadikin Ajak Masyarakat Bersama-sama Hadapi Covid-19

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan. Foto: Youtube Setpres

Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan yang baru saja diangkat oleh Jokowi Presiden menyadari kalau penunjukannya satu di antaranya adalah mengatasi Covid-19.

Kata Budi, kalau Covid-19 bisa diatasi, maka masyarakat akan bisa kembali hidup secara normal.

“Kami ditugasi tentunya salah satunya untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh virus Sars Cov-2 (Covid-19) ini, sehingga semua anak-anak kita bisa segera kembali ke sekolah, belajar dan bertemu dengan guru-gurunya, agar semua pengusaha-pengusaha UKM membuka toko-tokonya dan kembali berdagang seperti biasa. Dan agar semua pekerja bisa datang kembali ke kantornya dan memulai hidup yang normal agar semua keluarga kita bisa kembali bersilaturahmi dengan sesama teman-teman dan keluarga mereka,” ujar Budi dalam konferensi pers di Istana, Selasa (22/12/2020).

Menghadapi Covid-19, menurut dia, tidak mungkin dilakukan sendiri atau eksklusif, tetapi harus bersama-sama atau inklusif.

“Dan kami tidak mungkin melakukannya sendiri, kami harus melakukannya bersama-sama. Kementerian Kesehatan tidak mungkin melakukannya secara eksklusif, kita harus melakukannya secara inklusif. Dan kami percaya, tidak cukup pemerintah membuat program-program pemerintah sendiri, tapi ini harus merupakan suatu gerakan yang dilakukan bersama-sama dengan seluruh rakyat Indonesia,” jelasnya.

Dengan bersama-sama, Budi meyakini akan bisa dibangun sistem layanan kesehatan yang kuat.

“Saya percaya kalau kita bersatu, bersama-sama dengan asosiasi, dengan pemerintah daerah, dengan seluruh komponen bangsa yang ada, kita bisa membangun sistem layanan kesehatan publik yang kuat dan siap mengatasi masalah Sars-Cov2 ini,” kata dia.

Budi menegaskan, dengan siatem layanan kesehatan yang kuat, generasi yang akan datang bisa menghadapi virus Sars-Cov3 atau Sars-Cov4 yang tidak tahu kapan datangnya.

“Dan kita juga bisa mempersiapkan sistem layanan kesehatan publik yang siap, kuat, mumpuni agar generasi sesudah kita bisa menghadapi Sars-Cov3 atau Sars-Cov4 yang kita tidak tahu kapan datangnya,” kata Budi.

Dia berharap, Indonesia bisa lebih baik di masa mendatang.

“Semoga Indonesia saat ini pasti lebih baik dari Indonesia masa lalu, dan semoga Indonesia masa depan selalu lebih baik dari Indonesia masa kini,” ujarnya.

“Saya mengucapkan terimakasih atas tugas dan kepercayaan diberikan oleh bapak presiden dan wakil presiden kepada kami. Semoga amanah ini bisa kami jalankan dengan sebaik-baiknya,” pungkas Menkes.(faz/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
30o
Kurs