Sabtu, 20 April 2024

Sampai Sekarang, 200 Ribu Lebih Orang Dites Swab Pemkot Surabaya

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ilustrasi tes swab di salah satu Puskesmas Surabaya. Foto: Istimewa.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya terus melakukan tes swab secara masif di berbagai titik lokasi. Mulai awal pandemi masuk Surabaya hingga sekarang Kamis (5/11/2020), petugas telah melakukan tes swab 215.869 orang.

Febriadhitya Prajatara Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya mengatakan, 215.869 spesimen itu adalah total keseluruhan dimulai sejak awal kasus hingga berdirinya Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) yang terletak di Gayungsari, Surabaya.

Selain itu, ia memastikan keberadaan swab hunter juga memiliki peran dan mendukung upaya dalam memasifkan swab bagi warga Surabaya.

“Apalagi swab hunter ini setiap hari bergerak di seluruh kecamatan dan menyasar kepada orang-orang yang melanggar protokol kesehatan (prokes),” kata Febriadhitya Prajatara di ruang kerjanya, Kamis (5/11/2020)

Febri menjelaskan, jika dihitung dalam sebulan terakhir untuk swab hunter, jumlah masyarakat yang terjaring dan dilakukan tes berjumlah tiga ribu orang. Setelah dilakukan tes swab, ternyata hasil menunjukkan sebagian besar masyarakat hasilnya negatif Covid-19.

“Paling banyak pagi hari ya, sehari bisa sampai 40-50 orang yang melanggar prokes dan dilakukan tes swab,” tegasnya.

Febri menyebut selain swab yang tetap masif dilakukan, ternyata angka kesembuhan pasien Covid-19 terus meningkat. Per hari ini, jumlah total kesembuhan mencapai 14.896 kasus. Sementara itu, untuk angka kasus aktif Covid-19 berjumlah 79 orang.

Alhamdhulillah kasus aktifnya tinggal 79 orang. Semoga virus ini segera hilang dari Kota Surabaya,” tegasnya.

Ia berpesan, meskipun kondisi Surabaya saat ini semakin terkendali namun tak berarti masyarakat abai prokes. Menurut dia, sosialisasi prokes tetap harus terus dilakukan dan ditegakkan. “Pakai masker tetap menjadi keharusan, jaga jarak dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PBHS), jangan lupa rajin cuci tangan,” katanya. (bid/tin)

Berita Terkait

100 Kelurahan di Surabaya Nol Covid-19

95 Kelurahan di Surabaya Nol Covid-19


Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
33o
Kurs