Jumat, 26 April 2024

Santri Gontor Terjangkit Covid-19 Sudah 43 Orang, Lima Kasus Baru Dikirim ke Surabaya

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Pondok Modern Gontor. Foto: Ilustrasi

Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Ponorogo mengirim lima santri Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 ke RS lapangan Indrapura Surabaya karena terkonfirmasi positif Covid-19.

Ipong Muchlisoni Bupati Ponorogo menjelaskan, total santri Gontor yang terpapar Corona hingga Sabtu (18/7/2020) berjumlah 43 orang. Lima santri di atas sudah termasuk.

Lima santri yang dikirim ke RS Darurat Indrapura Surabaya hari ini terkonfirmasi positif setelah hasil tes usap PCR diterima Gugus Tugas Covid-19 pada Jumat (17/7/2020).

“Kalau jumlah penambahan kasusnya per Jumat kemarin ada 10 orang. Rinciannya, lima dari Gontor dan lima lainnya tersebar di wilayah Bungkal, Kauman, Jetis, dan seorang pengasuh pondok pesantren di Magelang yang asalnya Ponorogo,” kata Ipong dilansir Antara.

Khusus untuk lima santri Gontor yang terpapar Corona, Ipong menjelaskan, mereka sebelumnya telah terdeteksi reaktif berdasar hasil tes cepat (rapid test) Covid-19.

Begitu ada indikasi terinfeksi Corona, para santri dari berbagai daerah di Indonesia itu lantas menjalani pengambilan sampel dahak/lendir hidung dan tenggorokan.

Hasilnya keluar Jumat, dan segera setelah menerima, tim GGTP Covid-19 Ponorogo melakukan tracing dan testing (penelusuran dan pemeriksaan) ke sejumlah kontak erat.

“Sejak dinyatakan reaktif, mereka sudah isolasi di fasilitas yang disediakan pondok. Insya Allah selanjutnya akan dirawat di Surabaya bersama santri/ustaz lainnya,” ujar Ipong.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs