Kamis, 25 April 2024

Satgas Covid-19: Jawa Timur Berhasil Keluar dari Zona Merah

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Wiku Adisasmito Juru Bicara Satgas Covid-19. Foto: Biro Pers Setpres

Penanganan Covid-19 pada 10 provinsi prioritas dalam sepekan telah menunjukkan progres yang menggembirakan.

Sepuluh provinsi prioritas itu adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Banten, dan Papua.

Wiku Adisasmito Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 menyebut, pada pekan ini sudah ada dua provinsi yang nihil zona merah, yaitu Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.

Dari kasus sembuh mingguan, 7 dari 10 provinsi memiliki persentase kesembuhan di atas 70 persen. Bahkan, Jawa Timur memiliki persentase kesembuhan tertinggi 88,53 persen.

“Kabupaten/kota dengan zona merah di Jawa Timur dan Sulawesi Selatan seluruhnya sudah berpindah menjadi zona oranye. Artinya, tidak ada lagi zona merah di Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. Ini adalah prestasi yang luar biasa dari dua provinsi ini,” ungkapnya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (6/10/2020).

Dari segi jumlah kasus positif mingguan, lanjut Dokter Wiku, 6 dari 10 provinsi mengalami penurunan yang cukup signifikan yaitu Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Kalimantan Selatan.

Penurunan paling signifikan terjadi di Sulawesi Selatan mencapai 30,1 persen dan di Jawa Barat 28,5 persen.

Dari jumlah kasus meninggal mingguan, 4 dari 10 provinsi mengalami penurunan cukup signifikan yaitu DKI Jakarta, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan Bali. Penurunan paling signifikan terjadi di DKI Jakarta mencapai 62,4 persen.

“Kepada provinsi yang mengalami kenaikan kasus positif dan kematian mingguan serta persentase kesembuhan di bawah 70 persen, kami mohon dengan meningkatkan jumlah pemeriksaan mingguan, meningkatkan kapasitas tracing dan meningkatkan kualitas pelayanan pada pasien Covid-19,” Wiku menyarankan.

Lebih lanjut, Dokter Wiku kembali menegaskan kedisiplinan masyarakat menjalankan protokol kesehatan adalah modal untuk menekan angka penularan Covid-19.

Perhatian khusus juga diberikan pada daerah penyumbang kasus positif dan kematian tertinggi, di antaranya Kota Medan, Jakarta Pusat, Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Semarang, Kota Surabaya, Kota Banjarmasin, Kota Makassar, Kota Denpasar, Kota Jayapura dan Kota Banda Aceh. (rid/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs