Jumat, 29 Maret 2024

Satgas Covid-19 Surabaya Tracing Kontak Erat 36 Siswa SMP yang Positif

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ilustrasi. Pelajar SMP di Surabaya jalani tes swab gratis di sekolah pada Rabu (25/11/2020). Foto: Dok/Anton suarasurabaya.net

Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya melakukan tracing terhadap kontak erat 36 siswa SMP yang diketahui terpapar Covid-19 setelah tes swab sebagai persiapan sekolah tatap muka beberapa hari lalu.

“Satgas Covid-19 Surabaya langsung melakukan tracing pada siswa tersebut,” kata Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara saat dikonfirmasi, Selasa (1/12/2020).

Febri mengaku belum berani menyimpulkan 36 pelajar tersebut terpapar virus Corona dari mana. Sebab, tim tracing perlu mendalami aktivitas mereka selama 14 hari terakhir sebelum tes swab pada Rabu 25 November itu.

Febri bilang, tracing pada kontak erat saat ini terus dilakukan. Menelusuri siapa saja yang pernah kontak dengan mereka. Termasuk bakal dilakukan pemeriksaan pada kontak erat itu.

“Tentu keluarganya juga akan dilakukan tes juga. Karena kontak eratnya dari siswa yang positif ini,” terang Febri.

Sementara untuk proses isolasi, Pemkot bakal memperhatikan hasil assesment. Bakal dinilai rumah pelajar yang terpapar itu apakah memungkinkan untuk melakukan isolasi mandiri.

“Tapi jika tidak memungkinkan maka akan dibawa ke Asrama Haji,” ujarnya.

Dia pun berpesan, agar seluruh pihak dapat menyadari jika Covid-19 bukanlah aib. Meskipun tetap harus dihindari segala potensi penyebarannya.

“Kami mohon warga untuk tetap disiplin protokol kesehatan,” ungkap Febri.

Sekadar diketahui, beberapa waktu lalu Pemkot memang menggelar pemeriksaan massal pada ribuan siswa di 17 SMP yang menjadi pilot project sekolah tatap muka di Surabaya.

Dari 3.627 pelajar yang dites ditemukan 36 di antaranya terpapar Covid-19. Hasil itu lantas membuat Pemkot harus melakukan kajian ulang apakah bakal membuka sekolah di Desember sesuai rencana atau di Januari mendatang. (bid/dfn/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs