Jumlah pasien positif terjangkit virus corona di Kota Batu, Jawa Timur, pada Kamis (9/4/2020), bertambah satu orang. Sehingga kini, ada dua orang yang positif Covid-19 di wilayah tersebut.

M Chori Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batu mengatakan, bahwa pasien tersebut saat ini dirawat di salah satu rumah sakit rujukan di Kota Batu dan berada dalam kondisi yang stabil.

“Kondisi pasien stabil dan yang bersangkutan sudah dirawat di rumah sakit,” kata Chori, dilansir Antara.

Berdasarkan data Pemerintah Kota Batu, hingga Kamis (9/4/2020), tercatat 366 orang berstatus Orang Dalam Risiko (ODR), 29 Orang Tanpa Gejala (OTG), 46 Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan delapan orang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Pemerintah Kota Batu menyatakan bahwa saat ini belum diperlukan penerapan skema Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), karena ada beberapa kriteria yang belum terpenuhi.

Salah satu kriteria yang harus dipenuhi untuk penerapan PSBB adalah peningkatan jumlah kasus, termasuk penyebaran Covid-19 yang signifikan ke beberapa wilayah, dan adanya kaitan epidemiologis yang serupa dengan kejadian di wilayah, atau negara terdampak lain.

Berdasarkan data dari Provinsi Jawa Timur, di wilayah Malang Raya tercatat ada 20 kasus positif Covid-19. Di Kota Batu tercatat ada dua kasus positif Covid-19. Untuk wilayah Kota Malang ada delapan orang dengan empat orang diantaranya telah dinyatakan sembuh.

Sementara di wilayah Kabupaten Malang, sebanyak 10 orang dinyatakan positif Covid-19, empat orang dinyatakan sembuh, satu orang meninggal dunia, dan lainnya masih dalam perawatan. (ant/ang)