Jumat, 19 April 2024

SD Muhammadiyah 20 Sosialisasikan Pembelajaran Daring untuk Siswa Baru

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
SD Muhammadiyah 20 Kreatif Surabaya menerjunkan ustadz-ustadzah “door to door” datangi rumah siswa baru sesuai protokol kesehatan. Foto : SD Muhammadiyah 20

Tahun ajaran baru 2020/2021 segera dimulai serentak pada 13 Juli 2020. Masuk sekolah secara tatap muka hanya diperbolehkan untuk daerah zona hijau penyebaran pandemi Covid-19 dengan protokol kesehatan secara ketat, seperti jumlah siswa terbatas 18 orang per kelas dan cuma 3 hari seminggu.

Mengingat Jawa Timur tidak ada wilayah yang terkategori zona hijau, maka seluruh pembelajaran sekolah dari PAUD/TK hingga Perguruan Tinggi harus dilakukan dalam jaringan (Daring). Bertujuan menyosialisasikan pengenalan bagaimana pembelajaran daring, SD Muhammadiyah 20 Kreatif Surabaya menerjunkan ustadz-ustadzah “door to door” datangi rumah siswa baru sesuai protokol kesehatan.

Masing-masing rumah siswa baru didatangi 2 guru atau ustadz-ustadzah. Setiap hari ustadz-ustadzah SDM 20 Kreatif Surabaya minimal datangi 6 rumah siswa baru selama H-7 hingga H-5 masuk sekolah.

Agar terkesan belajar daring itu menyenangkan, ustadz-ustadzah menggunakan face shield dengan hiasan menarik. Setelah cuci tangan dan cek suhu tubuh, ustadz-ustadzah masuk rumah dan menemui siswa baru dengan didampingi orang tua. Pertama, ustadz-ustadzah beri dan pakaikan face shield khusus bertuliskan nama sekolah dan kelas kepada siswa.

Setelah saling berkenalan, ustadz-ustadzah mengajak siswa baru untuk berkenalan dengan guru dan teman barunya melalui media “Pop-Up Book” dilengkapi foto dan nama kepala sekolah, guru dan teman-teman sekelas mereka di Sekolah Kreatif SDM 20 Tembok Dukuh Surabaya.

Agar bisa berinteraksi langsung dengan kepala sekolah, guru dan teman sekelasnya SDM 20 Kreatif Surabaya melalui video internet, maka ustadz-ustadzah mengoperasikan aplikasi “zoom meeting” secara live ngobrol bareng dengan 6 siswa baru di lokasi rumah berbeda dan menyapa kepala sekolah yang kebetulan ada di Sekolah Kreatif SDM 20 Tembok Dukuh Surabaya dan sekilas menunjukan gedung sekolah dan kelas mereka.

Kunjungan diakhiri sesi membuat karya kreatif, ustadz-ustadzah mengajarkan bagaimana membuat hiasan dengan media kaos polos yang bisa dihias gambar atau tempelan sesuai daya imajinasi dan kreatifitas siswa, tentunya bisa dibantu orang tua.

Tiga hari awal masuk sekolah, 13-15 Juli 2020, yang biasanya disebut masa orientasi siswa (MOS) rencananya di SDM 20 Kreatif Surabaya diisi dengan kunjungan sosialisasi lanjutan dan/atau pemantapan bagaimana cara pembelajaran daring untuk siswa baru.

Diharapkan selama proses belajar mengajar daring, siswa dapat didampingi orang tua agar terjadi sinergisitas antara guru-orang tua-siswa sehingga kompetensi dari setiap pelajaran bisa tercapai.

Fitri Yuliana Djohar wali murid mengaku senang sekali dengan langkah sekolah yang secara inisiatif mendatangi rumah siswa baru untuk mengenalkan sekolah di era pandemi Covid-19 yang berkepanjangan ini.

“Kami sangat senang sekali dengan adanya MOS (Masa Orientasi Sekolah) daring, jadi anak bisa kenal tahu siapa guru dan teman-teman nya, “, pungkasnya. (rst/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs