Sabtu, 20 April 2024

Semangati Tenaga Medis, Yayasan Rumah Kita Sumbang Alkes ke Pemprov Jatim

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim saat menerima bantuan alat kesehatan dari Yayasan Rumah Kita. Foto: Istimewa.

Jumlah ventilator untuk rumah sakit rujukan Covid-19 di Jatim kembali bertambah. Tim Gugus Tugas Covid-19 Jatim telah mendapatkan bantuan tiga unit ventilator. Alat bantu pernapasan ini diberikan oleh Yayasan Rumah Kita.

Ventilator sebagai bantu pernapasan ini sangat penting, karena dapat digunakan oleh pasien Covid-19 dengan masalah pernapasan.

“Yayasan rumah kita hadir bersama didukung mitra Sampoerna untuk Indonesia, untuk memberikan motivasi dan semangat para tenaga medis,” kata Andrianus Direktur Yayasan Rumah Kita, saat memberikan tiga unit ventilator di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (21/5/2020).

Harus diakui, lanjut Andrianus, tenaga medis menjadi garda terdepan melawan pandemi Covid-19 dengan berbagai problem yang dihadapi. Seperti, gugurnya para tenaga kesehatan akibat Covid-19.

“Kami menginisiasi dan menyemangati dengan memberikan dukungan berupa bantuan alat kesehatan di Jatim,” ungkapnya.

Selain ventilator, juga diserahkan Alat Pelindung Diri (APD) berupa baju hazmat, face sield, masker dan lainnya.

Dalam pemberian bantuan untuk tenaga medis ini, Yayasan Rumah Kita mengambil tema gerak bersama melawan Covid-19.

“Gerak bersama menjadi tema yang baik menangani persoalan Covid yang tidak terlihat bentuk wujudnya. Hal ini hanya bisa ditangani dengan gerak bersama. Bukan digantungkan pada tenaga medis, tapi semua elemen. Seperti yang dikatakan gubernur gotong royong melawan Covid,” paparnya.

Adrianus menjelaskan, bantuan ini akan dilaksanakan berkelanjutan. Sementara akan fokus pada tenaga medis sebagai garda terdepan.

“Yang kami pikirkan menyiapkan bantuan berupa rapid test dan PCR. Tidak hanya motifasi tetapi kami didukung penuh dengan alat kesehatan yang mumpuni dan prima,” tegasnya.

Sementara Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, mengucapkan terima kasih atas dukungan 3 PCR yang diperbantukan melalui Tim Gugus Tugas Covid-19 Jatim.

Lanjutnya, langkah ini bentuk kegotongroyongan para dermawan yang diberikan lewat Gugus Tugas Covid-19 Jatim. Selanjutnya, Ventilator ini akan didistribusikan ke rumah sakit rujukan di Jatim yang jumlahnya 99 unit.

“Karena pasti yang sudah mengajukan permohonan sudah lebih banyak. Kemarin kita alhamdulillah mendistribusikan 40 unit dan semuanya bantuan dari para donatur,” kata Khofifah.

“Kalau hari ini tambah 3 saya sih menyerahkan kepada Pak Dokter Joni sebagai koordinator kuratif, beliau paling tahu peta rumah sakit mana yang membutuhkan,” katanya.(bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs