Jumat, 26 April 2024

Sentuhan Banyuwangi Diusung FjazzC di Ngayogjazz 2020

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Personel Fusion Jazz Community saat mencoba penampilan di Tugu Pahlawan, Surabaya. Foto: Fusion Jazz Community

Kelompok Fusion Jazz Community (FjazzC) dari Surabaya dijadwalkan bakal tampil di pentas puncak Ngayogjazz 2020, Sabtu (21/11/2020). Mengusung tampilan modern dipadukan dengan tradisional, sentuhan Banyuwangi yang khas.

Ucok dedengkot FjazzC, Rabu (18/11/2020) menyampaikan bahwa khusus untuk penampilan ke 4 kalinya di panggung Ngayogjazz ini, bersama dengan kawan-kawannya secara khusus FjazzC akan menghadirkan sentuhan atmosfer tradisional dari Banyuwangi yang memang khas.

“Kami hadirkan sentuhan musik Banyuwangen. Yang pasti memang tradisional, karena musik Banyuwangi kental dengan seni tradisional. Akan kami hadirkan dua alat musik yaitu Saron dan Kendang khas Banyuwangi. Kalau ditanya seperti apa jadinya, monggo hadir di kanal Ngayogjazz nanti pada Sabtu (21/11/2020),” terang Ucok.

Fusion Jazz Community dari informasi yang dihimpun suarasurabaya.net adalah satu-satunya kelompok musik jazz asal Kota Surabaya dan Jawa Timur yang mendapatkan kesempatan untuk tampil pada pagelaran ke 14 Ngayogjazz yang digelar di masa pandemi Covid-19 ini.

“Dan ini tentunya sebuah kehormatan. Meskipun kami sudah empat kali diundang tampil di Ngayogjazz, tapi khusus di pagelaran ke 14 Ngayogjazz kali ini, tentunya kami juga ingin menampilkan sesuatu yang berbeda. Berbeda dengan penampilan kami sebelumnya, dan karena kali ini juga dipentaskan secara virtual. Kami ingin memberikan sesuatu yang asssiiikk,” tambah Ucok.

Dijadwalkan secara live pada Sabtu (21/11/2020) Ucok bakal tampil dari Tugu Pahlawan, Surabaya, kemudian disiarkan melalui kanal Ngayogjazz dan divirtualkan. “Kami akan tampil di Tugu Pahlawan. Mengapa?? Karena Tugu Pahlawan adalah satu diantara ikon Surabaya, sekaligus tetenger kepahlawanan kota kami,” tegas Ucok.

Sementara itu, Ngayogjazz sendiri merupakan pementasan berbagai kelompok musik terutama kelompok musik jazz dari berbagai aliran dan berbagai usia yang digelar di desa-desa di Yogyakarta. Acara rutin tahunan ke 14 itu, kini dijadwalkan diselenggarakan secara daring pada Kamis (19/11/2020) sampai Sabtu (21/11/2020).

Dalam temu media, Vindra Diratara Board of Creative Ngayogjazz, menyampaikan bahwa Ngayogjazz tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Tetapi justru dengan daring atau virtual pementasan ini dapat dinikmati penggemar musik jazz di berbagai penjuru.

Ditambahkan Vindra tema Ngayogjazz tahun 2020 ini yang dipilih adalah Ngejazz Tak Gentar, sebagai bagian dari plesetan sebuah komposisi Maju Tak Gentar ciptaan Cornel Simanjuntak.

“Ini tahun yang penting bagi kami, di tengah pandemi ini kami tetap berusaha untuk bisa menggelar Ngayogjazz sesuai dengan kondisi saat ini. Dan tentunya pilihan kami adalah penampilan secara virtual,” terang Vindra Dhiratara saat jumpa pers di Yogyakarta, Senin (16/11/2020) lalu.

Tahun ini, Ngayogjazz dipentaskan di Dusun Karang Tanjung, Pendowoharjo, Sleman sebagai lokasi utama puncak penyelenggaraan Ngayogjazz pada Sabtu (21/11/2020).

Meskipun pementasan Ngayogjazz 2020 dilaksanakan secara live streaming, tetapi didalam laman Ngayogjazz.com bakal dihadirkan peta ilustrasi lokasi pementasan pagelaran Ngayogjazz. Dan karenanya penonton bisa memilih panggung mana yang nantinya ingin ditonton.(tok/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs