Selasa, 19 Maret 2024

SMA Santa Maria Gelar Pelepasan Siswa Secara Virtual

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penyerahan gordon tanda kelulusan siswa kelas XII SMA Santa Maria juga disampaikan pada perwakilan guru, dengan menerapkan protokol kesehatan, pada seremonial yang digelar secara daring ini. Foto: totok suarasurabaya.net

SMA Santa Maria, Selasa (2/6/2020) melepas siswa kelas XII dalam seremonial kelulusan secara virtual melalui daring.

Seremonial pelepasan kelulusan siswa kelas XII SMA Santa Maria Surabaya, Selasa (2/6/2020) dilaksanakan secara virtual dengan daring sebagai bagian dari new normal.

Melalui kanal Youtube, seremonial pelepasan siswa kelas XII dilaksanakan secara sederhana dengan tanpa kehadiran para siswa sendiri, karena pelepasan penanda kelulusan dilaksanakan secara daring.

Tampil dalam balutan pakaian daerah berwarna kuning, ditambah dengan masker warna putih, Maria Theresia Nike K., M.Pd., kepala satuan pendidikan SMA Santa Maria menyampaikan bahwa inilah untuk pertamakalinya pelepasan siswa tanpa kata berpisah.

“Inilah untuk pertama kalinya bagi SMA Santa Maria melaksanakan pelepasan kelulusan tanpa kata berpisah, karena kita melakukannya di jagad maya. Namun demikian tetaplah membawa semangat Serviam dalam perjalanan kehidupan kalian di tengah masyarakat selanjutnya,” terang Maria Theresia Nike.

Tahun ini SMA Santa Maria Surabaya, meluluskan 188 siswa kelas XII yang terbagi dalam 3 jurusan, yaitu Bahasa, IPS dan IPA. Pada pelaksanaan pelepasan kelulusan secara virtual ini, pemberian gordon dan sertifikat tanda kelulusan dilakukan dengan memberikannya kepada perwakilan guru.

Demikian juga dengan pemberian penghargaan kepada siswa berprestasi akademik maupum diluar akademik, dilakukan dengan pembacaan nama-nama siswa yang dipadukan dengan tampilan visual siswa bersama orang tua pada layar kanal Youtube.

Termasuk beberapa sambutan oleh pihak sekolah maupun perwakilan alumni, serta para siswa kelas XII juga dilaksanakan secara virtual dan ditampilkan pada layar Youtube tanpa kehadiran secara fisik mereka di sekolah.

Dengan menerapkan protokol kesehatan seperti physical diatancing maupun social distancing pelaksanaan seremonial pelepasan siswa kelas XII SMA Santa Maria, Selasa (2/6/2020) juga tidak ditandai dengan jabat tangan kepala sekolah, guru dan siswa.

“Tetaplah melaksanakan pola hidup sehat. Jangan lupa untuk turut serta selalu membantu masyarakat. Dan tetaplah selalu berdamai dengan segala perubahan di sekitarmu,” pungkas Maria Theresia Nike.

Menutup seluruh rangkaian seremonial pelepasan kelulusan siswa kelas XII SMA Santa Maria, Selasa (2/6/2020) secara virtual melalui daring dengan penampilan visual para siswa bersama guru saat beraktivitas selama berada di sekolah selama mengenyam masa pendidikan di SMA Santa Maria.(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 19 Maret 2024
29o
Kurs