Senin, 23 Mei 2022

Sosialisasikan Pencegahan COVID-19, Yonkes 2 Marinir Lakukan Promkes

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Promkes pencegahan penyebaran virus corona dilakukan prajurit Yonkes 2 Marinir menggunakan ambulans di kawasan kelurahan Karangpilang, Surabaya. Foto: Dispen Kormar

Mengantisipasi dan memutus rantai penyebaran virus orona atau COVID-19, Batalyon Kesehatan (Yonkes) 2 Marinir, Selasa (24/3/2020) terus lakukan sosialisasi atau Promosi Kesehatan (Promkes) di lingkungan kesatrian Marinir Soetedi Senaputra hingga masyarakat sekitar Kelurahan Karangpilang, Surabaya.

Dalam kegiatan promkes yang dijadwalkan memasuki desa-desa dan keseluruhan kelurahan di wilayah Karangpilang, Surabaya tersebut, para prajurit Yonkes 2 Marinir menggunakan kendaraan ambulans.

Mayor Laut (K) dr. Abdul Haris, Sp. BS., M. Tr. Opsla, Komandan Batalyon Kesehatan (Danyonkes) 2 Marinir menyampaikan melalui promkes keliling COVID-19 ini, tim anggota Yonkes 2 Mar mengimbau terkait pencegahan penyebaran dan penularan virus corona melalui pola hidup sehat.

Diantara cara pencegahan virus corona, adalah seperti sering mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir selama 15 detik sampai 20 detik atau dengan antiseptik berbahan alkohol. Kemudian menggunakan penutup mulut serta hidung, saat batuk atau bersin.

Jika menggunakan tisu ketika batuk atau bersin sebaiknya tisu langsung dibuang ke tempat sampah sebagai satu diantara antisipasi atau cara untuk menghindari dan mencegah penularan yang memang bisa saja terjadi.

“Masyarakat sebaiknya mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, memperbanyak sayuran dan buah. Olahraga teratur dan istirahat yang cukup serta tidak mengkonsumsi daging yang belum masak. Hindari itu!” tegas Mayor Laut (K) dr. Abdul Haris, Sp. BS., M. Tr. Opsla.

Sementara itu pada kesempatan promkes tersebut, Yonkes 2 Mar turut mensosialisasikan beberapa gejala klinis sebagai terjangkit virus corona. Di antaranya demam, batuk, sesak napas, pada kasus yang parah infeksi dapat menyebabkan kesulitan bernapas.

“Termasuk juga kami sosialisasikan 6 langkah cuci tangan yang benar. Basahi tangan dengan air kemudian pakai sabun secukupnya, gosok telapak tangan bersamaan, gosok jemari dan sela-sela jari di balik telapak tangan, gosok jempol anda dengan gerakan memutar, bersihkan telapak tangan dengan kuku, cuci dengan air bersih dan yang ke enam, keringkan dengan handuk atau tisu atau pengering,” papar Danyonkes 2 Marinir.(tok/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Senin, 23 Mei 2022
30o
Kurs