Rabu, 26 Januari 2022

Stok Plasma Konvalesen di PMI Surabaya Kosong, Permintaan Terus Bertambah

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi. Gana Arsista penyintas Covid-19 crew Suara Surabaya Media sedang donor plasma konvalesen, Sabtu (21/11/2020). Foto: Suara Surabaya Media

Stok plasma konvalesen di PMI Surabaya, Kamis (10/12/2020) kosong. Permintaan terus bertambah, sedangkan pendonor minim.

“Bahkan sejak seminggu terakhir stok persediaan dan ketersediaan plasma konvalesen kosong. Bahkan hari ini kondisinya masih belum ada perubahan. Masih kosong. Sedangkan stok persediaan darah masih aman, ” terang dr. Martono Adi Kabid Pelayanan dan Humas PMI Surabaya, Kamis (10/12/2020).

Keberadaan plasma konvalesen di PMI Surabaya, lanjut dr. Martono posisinya memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Sedangkan ketersediaannya selalu habis pada saat ada pendonor yang melakukan donor plasma konvalesen.

Jadi sampai saat ini, untuk stok persediaan plasma konvalesen selalu tidak ada. “Dari akhir bulan November hingga hari ini, permintaan plasma konvalesen terus bertambah. Sedangkan tiap kali ada pendonor langsung didistribusikan, ” papar Martono.

Oleh karena itu, upaya-upaya memang terus dilakukan PMI Surabaya guna memenuhi kebutuhan plasma konvalesen tersebut. Termasuk diantaranya untuk memenuhi permintaan dari luar Surabaya.

“Baru saja kami dapat informasi ada dua pendonor plasma Konvalesen. Tentu saja ini selalu menggembirakan. Tetapi mengingat kebutuhan plasma Konvalesen sampai hari ini sudah diatas 50, jadinya tetap saja permintaan yang lain belum bisa terpenuhi, ” kata Martono.

Karena itu, PMI Surabaya selain tetap membuka layanan donor darah, juga terus mengharapkan masyarakat khususnya penyintas Covid-19 yang sudah sembuh dan mau jadi pendonor plasma konvalesen.

“Mengingat kebutuhan plasma konvalesen saat ini juga cukup tinggi, maka kami imbau masyarakat khususnya penyintas Covid-19 bersedia menjadi pendonor plasma konvalesen,” pungkas Martono. (tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Rabu, 26 Januari 2022
33o
Kurs