Jumat, 10 Mei 2024

Stok Plasma Konvalesen di PMI Surabaya Kosong Seminggu, Penyintas Covid-19 Ayo Donor

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Penyintas Covid-19 Suara Surabaya melakukan screening antibodi, Kamis (19/11/2020). Foto: Iping suarasurabaya.net

dr. Martono Kepala Bagian Pelayanan PMI Kota Surabaya mengatakan stok plasma konvalesen di PMI Cabang Surabaya kosong selama satu minggu terakhir. Menurutnya, hal ini dikarenakan tingginya permintaan yang tidak sebanding dengan pedonor.

“Per hari ini saja, dari update terakhir ada 31 pasien dari berbagai wilayah di Jawa Timur seperti Bangkalan, Malang, Tuban, Madiun, Gresik yang belum terlayani permintaan donor konvalesennya. Sedangkan stok kosong sudah seminggu ini,” katanya saat melakukan screening antibodi kepada para penyintas Covid-19 di kantor Suara Surabaya Media, Kamis (19/11/2020).

Martono mengaku, dalam satu bulan terakhir permintaan plasma konvalesen meningkat, dari yang biasanya 11 permintaan, melonjak menjadi sampai 15 permintaan per hari.

“Padahal di Surabaya angkanya cenderung turun. Tapi ternyata di luar Surabaya angkanya naik. Permintaan plasma konvalesen paling banyak dari Bangkalan, Malang, Tuban, Madiun, Gresik, bahkan Solo, DKI juga kita kirim,” beber Martono.

Penyintas Covid-19 Suara Surabaya sedang melakukan screening awal donor plasma konvalesen, Kamis (19/11/2020). Foto: Iping suarasurabaya.net

 

PMI melakukan strategi jemput bola untuk mencari pedonor plasma konvalesen agar terpenuhi stok plasma konvalesen, dengan cara door to door ke instansi dan bekerja sama dengan Rumah Sakit.

“Kita ke instansi untuk minta data. Nanti petugas kami datang untuk melakukan filter antibodi. Kedua, kita kerja sama dengan Rumah Sakit. Kita minta Rumah Sakit memberi edukasi kalau sembuh agar menjadi donor konvalesen. Dengan catatan tidak ada keluhan,” ungkapnya.

Seperti yang dilakukan pada Kamis (19/11/2020) hari ini, petugas PMI Surabaya mendatangi kantor Suara Surabaya Media. Ada 18 crew yang jadi penyintas Covid-19 di media tersebut.

Martono mengatakan, donor plasma konvalesen hanya bisa dilakukan oleh penyintas Covid-19. Oleh sebab itu, sebelum melakukan donor, para penyintas akan terlebih dahulu dilakukan screening antibodi untuk memastikan jumlah antibodi di dalam tubuh. Bila lolos, maka penyintas akan diambil plasma konvalesennya.

PMI Kota Surabaya membuka pelayanan donor konvalesen setiap hari di PMI Jalan Embong Ploso mulai pukul 07.00-21.00 WIB. (dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
29o
Kurs