Senin, 30 November 2020

Tata Cara Salat Idul Fitri di Rumah Menurut Fatwa MUI

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: Gana suarasurabaya.net

Di tengah pandemi Covid-19, suasana lebaran tahun ini terasa berbeda karena masyarakat diimbau untuk menghindari kerumunan, tidak terkecuali melakukan ibadah di rumah seperti Salat Idul Fitri.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam rapat Komisi Fatwa, Rabu (13/5/2020) lalu, telah menetapkan Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Shalat Idul Fitri Saat Pandemi Covid-19.

Dalam fatwa tersebut, MUI menegaskan bahwa salat Idul Fitri hukumnya sunnah muakkadah, baik sedang di kediaman maupun sedang bepergian (musafir), secara berjamaah maupun secara sendiri (munfarid).

Salat Idul Fitri juga boleh dilaksanakan di rumah,, baik secara sendiri maupun berjamaah.

Jika dilaksanakan secara berjamaah, maka jumlah jamaah berdasarkan fatwa MUI tersebut minimal adalah 4 orang, dengan 1 imam dan 3 orang makmum. Selebihnya, tata cara salat sama seperti halnya salat Idul Fitri seperti biasanya. Khatib melakukan khutbah setelah salat Idul Fitri selesai.

Namun jika jumlah jamaah kurang dari 4 orang atau jika dalam pelaksanaan salat jamaah di rumah tidak ada yang berkemampuan untuk khutbah, maka shalat Idul Fitri boleh dilakukan berjamaah tanpa khutbah.

Sedangkan ketentuan salat Idul Fitri yang dilakukan sendiri (munfarid), antara lain adalah niat, lalu dilaksanakan dengan bacaan pelan, serta dilakukan tanpa khutbah.

Salat Idul Fitri dilaksanakan dengan dua rakaat, dimana setiap rakaat didahului oleh takbir sebelum membaca Al-Fatihah. Untuk lebih lengkapnya, berikut panduan salat Idul Fitri dilansir dari laman mui.or.id:

Panduan tata cara salat Idul Fitri. Grafis: MUI

Sebelumnya, Joko Widodo Presiden meminta masyarakat ikhlas merayakan Idul Fitri dengan cara berbeda. Presiden menyadari, merayaka ia juga menegaskan, keselamatan keluarga di kampung halaman lebih penting, dan harus menjadi prioritas.

Lebih lanjut, Presiden meminta masyarakat tetap melaksanakan tradisi silaturahmi secara virtual menggunakan berbagai media komunikasi berbasis teknologi.

“Saya yakin, bersama-sama kita bangsa Indonesia akan mampu melewati ujian berat ini,” ucap Jokowi Presiden.(tin)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Hujan Deras di Balonggebang Nganjuk

Kemacetan di Perak Barat

Kecelakaan di Simpang Empat Mertex Mojokerto

Surabaya
Senin, 30 November 2020
25o
Kurs